Latar Belakang Masalah: Guru harus mampu menumbuhkan
motivasi langsung maupun tidak langsung, karena ke semua itu akan berpengaruh kepada
kemampuan siswa untuk meningkatkan minat serta prestasi dan hasil belajar. Guru
merupakan faktor penting yang besar pengaruhnya terhadap keberhasilan
implementasi Kurikulum. Kemampuan menggerakkan siswa-siswa untuk belajar belum
tentu dimiliki setiap guru. Dengan kata lain dalam dunia pendidikan tidak semua
guru mampu menggerakkan siswa-siswinya untuk belajar dengan memperhatikan
prinsip-prinsip : peserta didik akan bekerja keras kalau punya minat dan
perhatian terhadap pekerjaannya, memberikan tugas yang jelas dan dapat
dimengerti, memberikan penghargaan
terhadap hasil kerja dan prestasi peserta didik, menggunakan hadiah dan hukuman
secara efektif dan efisien.
Rumusan Masalah: 1) Bagaimanakah minat siswa terhadap lembaga pendidikan Islam
MTs Negeri Jabung Talun Blitar, 2) Bagaimana strategi MTs Negeri Jabung Talun
Blitar untuk meningkatkan minat siswa untuk belajar di lembaga pendidikan
Islam, 3) Apa factor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap lembaga
pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar.
Tujuan Penelitian 1) Untuk
mendeskripsikan minat siswa terhadap lembaga pendidikan Islam MTs Negeri Jabung
Talun Blitar, 2)Untuk mendeskripsikan factor-faktor yang mempengaruhi minat
siswa terhadap lembaga pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar, 3) Untuk
mendeskripsikan strategi MTs Negeri Jabung Talun Blitar untuk meningkatkan
minat siswa untuk belajar di lembaga pendidikan Islam
Metode Penelitian: Pendekatan kualitatif fenomenologik, pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan keabsahan data dengan dependability,
transferability, konfirmability data.
Hasil penelitian: 1) Minat siswa terhadap lembaga pendidikan Islam MTs Negeri Jabung Talun
Blitar, siswa menjadi kian minat dikarenakan dalam
pendidikan Islam mengajarkan nilai-nilai agama dan nilai-nilai kehidupan yang
tentunya hal itu tidak dimiliki atau tidak diajarkan dalam pendidikan lain, 2) Strategi MTs Negeri Jabung Talun
Blitar untuk meningkatkan minat siswa untuk belajar di lembaga pendidikan
Islam, penjajagan kebutuhan, perencaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan,
pemantauan dan evaluasi program. Selain itu dengan cara merencanaan program madrasah ini harus mencakup indicator atau
target mutu apa yang akan dicapai dalam tahun tersebut sebagai proses
peningkatan mutu pendidikan, 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap lembaga pendidikan
Islam MTs Negeri Jabung Talun Blitar; Faktor intern
berupa : Kurangnya kemampuan dasar (intelegensi) murid, Kurangnya bakat khusus
untuk suatu situasi belajar tertentu, Kurangnnya minat terhadap situasi
belajar, Kurangnya motivasi akan dorongan untuk belajar, Situasi pribadi,
terutama emosional yang dihadapi murid tertentu, Faktor jasmaniah karena cacat,
Faktor bawaan (hereditas). Faktor lingkungan sekolah yang kurang memadai. Situasi
keluarga, broken home, masalahnya ekonomi, kurang perhatian terhadap pendidikan
sering pindah tempat dan sebagainya
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar