Dalam dunia pendidikan, pelajaran
matematika memiliki porsi terbanyak, tetapi kenyataan yang terjadi selama ini, siswa menganggap
matematika sebagai monster yang paling manakutkan. Matematika di dakwa sebagai
biang kesulitan dan hal yang paling dibenci dalam proses belajar di sekolah.
Padahal ketidaksenangan terhadap suatu pelajaran berpengaruh terhadap
keberhasilan proses pembelajaran. Karena tidak senang, akan membuat siswa
enggan dan malas untuk belajar dan secara langsung akan berpengaruh pada
prestasi belajar siswa.
Salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar
siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray). Dua tinggal dua tamu” merupakan salah satu
tipe pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada kelompok
membagikan hasil dan informasi kepada kelompok lain. Tahapan dalam pembelajaran
kooperatif “dua tinggal dua tamu” adalah (1) persiapan, (2) presentasi guru,
(3) kegiatankelompok, (4)
presentasi kelompok, (5) evaluasi dan penghargaan. Penelitian
ini dilaksanakan di kelas X TSM dan X TKR-2 SMK Veteran 1 Tulungagung.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah1) Adakah pengaruh pembelajaran kooperatif
Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar Matematika pada siswa
kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung ?
2) Seberapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TSTS ( Two Stay Two Stray ) terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung ?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui adanya pengaruh
pembelajaran kooperatif Tipe TSTS (Two
Stay Two Stray) terhadap hasil
belajar matematika pada siswa kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung. 2) Untuk
mengetahui seberapa besar
pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TSTS ( Two Stay Two Stray ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
X SMK Veteran 1 Tulungagung.
Pola penelitian yang
digunakan yaitu eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pengaruh
pembelajaran kooperatif Tipe TSTS (Two
Stay Two Stray). Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar
matematika siswa kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung. populasi dalam penelitian ini
yaitu siswa kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung yang berjumlah 155 siswa. Dalam
pengambilan sampel digunakan teknik sampling acakan atau random. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa. Penelitian ini dilaksanakan
di SMK Veteran 1 Tulungagung mulai tanggal 11-25 Mei 2011. Teknik yang
digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis t-test.
Dari hasil penelitian (1) Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran
melalui model Two Stay Two Sray terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X
pada pokok bahasan program
linier di SMK Veteran 1 Tulungagung tahun ajaran 2010/2011dengan nilai ttabel
(1% = 2,660) < thitung (6,046) > ttabel (5% =
2,000), yang berarti bahwa nilai thitung lebih dari nilai ttabel
baik pada taraf 5% maupun 1% (2). Sedangkan besarnya pengaruh pembelajaran
melalui model Two Stay Two Sray terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas X pada pokok bahasan program linier di X SMK Veteran 1 Tulungagung adalah 26,83 %.
Mengacu dari hasil
penelitian tersebut dapat diajukan beberapa saran, yaitu bagi: 1)Guru,
sebagai bahan pertimbangan strategi pembelajaran yang akan
digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga guru dapat memilih model pembelajaran
apa yang paling tepat digunakan serta hasil
penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai masukan dalam
kegiatan belajar mengajar disekolah. 2) Siswa, dapat menumbuhkan minat dan
motivasi siswa untuk belajar lebih giat dengan adanya penggunaan model
pembelajaran yang tepat serta diharapkan
dapat membantu siswa lebih memahami materi dengan selalu mengaitkan isi
pembelajaran yang mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.3)Peneliti
Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi
tentang pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray )dan memperdalam pengetahuan serta cara pengajaran yang baik khususnya dengan
menggunakan model pembelajaran pada pelajaran matematika. Selain itu, bagi
peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat mengembangkan pengetahuan yang
berkaitan dengan pembelajaran Kooperatif Tipe
TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap minat dan hasil belajar matematika.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar