Latar belakang: Mata
pelajaran fiqih sebagai bagian integral dari mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan
pencapaian tujuan pendidikan di Indonesia pada aspek spiritual siswa. Pengajaran
agama akan kurang nilainya jika tidak berpengaruh atau membekas dalam kehidupan
siswa ataupun dalam amal perbuatannya, sebaliknya pengajaran agama akan tinggi
nilainya jikalau dapat melahirkan siswa yang mau menunaikan kewajiban secara
baik kepada Allah SWT. Idealnya
adalah siswa yang memiliki nilai baik dalam mata pelajaran Fiqih seharusnya
juga aktif dalam pengamalan ibadahnya. Dalam
konteks pembelajaran mata pelajaran fiqih dapat diasumsikan bahwa semakin
tinggi prestasi belajar siswa maka akan semakin baik pula pemahaman dan
pengetahuan siswa tentang pengamalan ibadah yang baik dan benar sesuai tuntunan
agama Islam.
Rumusan masalah: 1.
Adakah pengaruh prestasi belajar mata pelajaran
fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang thaharah siswa kelas VIII di SMP Islam
Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014?. 2. Adakah pengaruh prestasi belajar mata pelajaran fiqih
terhadap pengamalan ibadah bidang shalat lima waktu siswa kelas VIII di SMP
Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014?. 3. Adakah pengaruh prestasi belajar mata pelajaran fiqih
terhadap pengamalan ibadah bidang shalat jama’ah siswa kelas VIII di SMP Islam
Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014?. 4. Adakah pengaruh prestasi belajar mata pelajaran fiqih
terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VIII di SMP Islam Durenan Trenggalek
Tahun Pelajaran 2013/ 2014?.
Tujuan Penelitian: 1. Untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar mata pelajaran
fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang thaharah siswa kelas VIII di SMP Islam
Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014. 2. Untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar mata pelajaran
fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang shalat lima waktu siswa kelas VIII di
SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014. 3. Untuk
mengetahui pengaruh prestasi belajar
mata pelajaran fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang shalat jama’ah siswa
kelas VIII di SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014. 4. Untuk
mengetahui pengaruh prestasi belajar
mata pelajaran fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa kelas VIII di SMP Islam
Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014.
Rancangan penelitian: Kuantitatif dengan analisis rancangan korelasional.
Populasi: Siswa kelas VIII di SMP Islam Durenan Trenggalek semester genap tahun
pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 147 siswa. Sampling: Stratified
Proportional Random Sampling. Sampel: 44 siswa. Variabel bebas: Prestasi
belajar mata pelajaran fiqih, variabel terikat: pengamalan ibadah, subvariabel
terikat: thaharah, shalat lima waktu, shalat berjama’ah. Sumber data:
responden, dokumentasi. Teknik pengumpulan data: angket, wawancara, observasi
dan dokumentasi. Teknik analisis data: 1. Teoritis: Metode deduktif 2. Empiris:
Metode induktif melalui rumus korelasi product moment dengan bantuan program Statistical
Product and Service Solution (SPSS) 16.0 for windows.
Hasil penelitian: 1. Ada pengaruh positif yang signifikan
prestasi belajar fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang thaharah siswa kelas
VIII di SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014. 2. Ada
pengaruh positif yang signifikan prestasi belajar fiqih terhadap pengamalan
ibadah bidang shalat lima waktu siswa kelas VIII di SMP Islam Durenan
Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014. 3. Ada pengaruh positif prestasi belajar
fiqih terhadap pengamalan ibadah bidang shalat berjama’ah siswa kelas VIII di
SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014. 4. Ada pengaruh
positif yang signifikan prestasi belajar fiqih terhadap pengamalan ibadah siswa
kelas VIII di SMP Islam Durenan Trenggalek Tahun Pelajaran 2013/ 2014.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar