Peranan Guru Dalam Menanamkan Aqidah di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) “At-Taubah” Desa Ringinpitu Kec. Kedungwaru (PAI-58)


Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa anak-anak di TPQ “At-Taubah” masih ada yang berperilaku melanggar nilai-nilai agama. Dengan hal ini penulis menghubungkan masalah perilaku anak dengan peranan guru dalam menanamkan aqidah di TPQ “At-Taubah” desa Ringinpitu. Karena masih adanya kesenjangan antara kenyataan dan harapan.
            Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana bentuk peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak? (2) Apa saja faktor-faktor yang menjadi penunjang peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak? (3) Apa saja faktor-faktor yang menjadi penghambat peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak?
Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi TPQ “At-Taubah”, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, baik bagi para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti.

Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif, pengumpulan data dengan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang penanaman aqidah pada anak. Sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan TPQ “At-Taubah” dan tingkah laku anak selama berada di TPQ “At-Taubah”.
Kesimpulan dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak di TPQ “At-Taubah” diaplikasikan dalam berbagai bentuk meliputi keteladanan, kebiasaan, pengawasan, nasehat serta pemberian peringatan dan hukuman. (2) Faktor penunjang peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak di TPQ “At-Taubah” meliputi faktor keluarga, pendidikan dan faktor media informasi. (3) Faktor penghambat peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak di TPQ “At-Taubah” meliputi rendahnya pendidikan agama orang tua, kondisi lingkungan yang kurang akomodatif bagi terbentuknya aqidah dan akhlaq yang baik pada anak serta kurang aktifnya kehadiran guru sehingga menjadi tidak efektif dan efisien dalam menyampaikan materi.
 
Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif diatas, peranan guru TPQ “At-Taubah” dalam menanamkan aqidah pada anak kurang begitu maksimal. karena masih adanya kesenjangan antara guru dengan anak didik. Masih ada anak-anak TPQ “At-Taubah” yang mempunyai perilaku yang melanggar nilai-nilai agama. Oleh karena itu diperlukan kerjasama yang baik antara orang tua, guru dan lingkungan sekitar, agar anak bisa mempunyai akhlaq yang baik.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan