Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa
anak-anak di TPQ “At-Taubah” masih ada yang berperilaku melanggar nilai-nilai
agama. Dengan hal ini penulis menghubungkan masalah perilaku anak dengan
peranan guru dalam menanamkan aqidah di TPQ “At-Taubah” desa Ringinpitu. Karena
masih adanya kesenjangan antara kenyataan dan harapan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini
adalah : (1) Bagaimana bentuk peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak?
(2) Apa saja faktor-faktor yang menjadi penunjang peranan guru dalam menanamkan
aqidah pada anak? (3) Apa saja faktor-faktor yang menjadi penghambat peranan
guru dalam menanamkan aqidah pada anak?
Skripsi ini
bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman
sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi TPQ “At-Taubah”, sebagai sumbangan pemikiran dalam
rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, baik bagi para guru maupun
lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang
cukup berarti.
Dalam penelitian
ini digunakan metode kualitatif, pengumpulan data dengan hasil wawancara,
observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang
penanaman aqidah pada anak. Sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk
menggali data tentang keadaan TPQ “At-Taubah” dan tingkah laku anak selama
berada di TPQ “At-Taubah”.
Kesimpulan dalam
penulisan skripsi ini adalah : (1) Peranan guru dalam menanamkan aqidah pada
anak di TPQ “At-Taubah” diaplikasikan dalam berbagai bentuk meliputi
keteladanan, kebiasaan, pengawasan, nasehat serta pemberian peringatan dan
hukuman. (2) Faktor penunjang peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak di
TPQ “At-Taubah” meliputi faktor keluarga, pendidikan dan faktor media
informasi. (3) Faktor penghambat peranan guru dalam menanamkan aqidah pada anak
di TPQ “At-Taubah” meliputi rendahnya pendidikan agama orang tua, kondisi
lingkungan yang kurang akomodatif bagi terbentuknya aqidah dan akhlaq yang baik
pada anak serta kurang aktifnya kehadiran guru sehingga menjadi tidak efektif
dan efisien dalam menyampaikan materi.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar