Penelitian dalam
skripsi ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengetahuan guru terhadap berbagai
metode-metode pembelajaran yang bisa diterapkan di kelas terhadap materi yang
diajarkan, minat belajar yang rendah dari para siswa serta monotonnya kegiatan
belajar mengajar, yang mana sering didominasi oleh gurunya sebagai penceramah
sehingga siswa hanya berperan sebagai pendengar yang pasif. Fenomena seperti
inilah yang menunjukkan bahwa kemampuan dan keadaan siswa masih jauh dari
keadaan ideal yang diharapkan. Dalam hal ini peneliti menggali potensi dasar
yang dimiliki siswa dengan dengan berbagai upaya yang salah satunya dengan mengaitkannya dengan teori belajar menurut
Jerome Bruner pada tahapan simbolik.
Rumusan masalah
dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pola berpikir siswa
berdasarkan Teori Bruner pada tahapan simbolik terkait materi bangun ruang
kelas V-A MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar tahun ajaran 2011/2012 ?
(2) bagaimana analisis pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang terhadap
tahapan simbolik belajar Bruner pada materi bangun ruang kelas V-A MI Miftahul
Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar ?
Skripsi ini
bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman
sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi siswa MI
Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam
rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, baik bagi para guru maupun
lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang
cukup berarti.
Dalam penelitian
ini digunakan metode kualitatif deskriptif, metode wawancara, dan metode
angket. Dari metode diatas diperoleh hasil pekerjaan siswa yang mana hasilnya
akan dianalisa oleh peneliti sampai sejauh mana pemahaman dan pola berpikir mereka
bila di hubungkan dengan pola berpikir berdasarkan Teori Bruner pada tahapan
simbolik.
Hasil dari
penelitian yang dilakukan yaitu ada 9 siswa MI Miftahul Huda Tawangrejo
Wonodadi Blitar Kelas V-A telah sesuai pada pola berpikir Teori Bruner pada
tahapan simbolik, dan 6 siswa pola berpikirnya belum sesuai dengan pola
berpikir Bruner pada tahapan simbolik artinya mereka belum bisa memanipulasi simbol-simbol
secara langsung dan tidak ada kaitannya dengan objek-objek.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar