Studi Komparasi Prestasi Belajar Siswa Kelas X Antara Yang Berasal Dari SMP dan MTs Bidang Studi Aqidah Akhlak di MAN Tulungagung 2 (pai-64)


Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwa adanya fenomena peserta didik yang masuk ke MAN Tulungagung 2 berasal dari bermacam-macam latar belakang pendidikan, yaitu dari MTs dan SMP. Mestinya yang dari SMP harus mengejar materi yang diajarkan di MTs yang kemudian dilanjutkan di MAN Tulungagung 2. Maka yang terjadi adalah peserta didik yang berasal dari SMP berprestasi lebih rendah daripada yang berasal dari MTs. Akibatnya kesenjangan sosialpun terjadi, yaitu antara peserta didik dari SMP dan dari MTs.
Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak siswa kelas X yang berasal dari SMP di MAN Tulungagung 2. 2) Bagaimana prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak siswa kelas X yang berasal dari MTs di MAN Tulungagung 2. 3) Bagaimana komparasi prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak siswa kelas X yang berasal dari SMP dan MTs di MAN Tulungagung 2.

Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak siswa kelas X yang berasal dari SMP di MAN Tulungagung 2. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak siswa kelas X yang berasal dari MTs di MAN Tulungagung 2. 3) Untuk mengetahui komparasi prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak siswa kelas X yang berasal dari SMP dan MTs di MAN Tulungagung 2.
Kegunaan hasil penelitian, agar bermanfaat untuk pengembangan khazanah keilmuan serta sebagai bahan referensi atau rujukan dan tambahan pustaka pada perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung, terutama yang berkaitan dengan pembelajaran aqidah akhlak, dapat digunakan sebagai tambahan bahan pertimbangan untuk menentukan kebijakan-kebijakan dalam rangka peningkatan prestasi belajar siswa sehingga mampu menuju kearah yang lebih baik dan dapat menunjukkan kualitas pendidikan.
Metode penelitian, penelitian ini bersifat deskriptif, komparatif kuantitatif, populasinya seluruh siswa kelas X MAN Tulungagung 2, sampelnya 86 orang, teknik samplingnya proportionate random sampling, variabel penelitiannya adalah independent variabel yang dikomparasikan, teknk dan instrumen pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan induktif dan SPSS dengan mencari perbandingan rata-rata.
Hasil penelitian: 1) Rata-rata atau mean nilai mata pelajaran aqidah akhlak untuk siswa yang berasal dari SMP atau variabel X2 di MAN Tulungagung 2 adalah 79, 28. Hal itu menunjukkan bahwa siswa dari SMP juga mampu mengikuti dengan baik dan menyerap mata pelajaran aqidah akhlak. 2) Rata-rata atau mean nilai mata pelajaran aqidah akhlak untuk siswa yang berasal dari MTs atau variabel X1 di MAN Tulungagung 2 adalah 81,11. Hal itu menunjukkan bahwa siswa dari MTs juga mampu mengikuti dengan baik dan menyerap mata pelajaran aqidah akhlak. 3) Rata-rata nilai mata pelajaran aqidah akhlak siswa yang berasal dari MTs lebih besar dari pada rata-rata nilai mata pelajaran aqidah akhlak siswa yang berasal dari SMP atau dapat dirumuskan X1>X2


Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan