Penelitian dalam skripsi ini
dilatarbelakangi bahwa adanya fenomena peserta didik yang masuk ke MAN
Tulungagung 2 berasal dari bermacam-macam latar belakang pendidikan, yaitu dari
MTs dan SMP. Mestinya yang dari SMP harus mengejar materi yang diajarkan di MTs
yang kemudian dilanjutkan di MAN Tulungagung 2. Maka yang terjadi adalah
peserta didik yang berasal dari SMP berprestasi lebih rendah daripada yang
berasal dari MTs. Akibatnya kesenjangan sosialpun terjadi, yaitu antara peserta
didik dari SMP dan dari MTs.
Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana
prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak siswa kelas X yang berasal dari SMP
di MAN Tulungagung 2. 2) Bagaimana prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak
siswa kelas X yang berasal dari MTs di MAN Tulungagung 2. 3) Bagaimana
komparasi prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak siswa kelas X yang
berasal dari SMP dan MTs di MAN Tulungagung 2.
Tujuan penelitian: 1) Untuk
mengetahui prestasi belajar bidang studi aqidah akhlak siswa kelas X yang
berasal dari SMP di MAN Tulungagung 2. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar
bidang studi aqidah akhlak siswa kelas X yang berasal dari MTs di MAN
Tulungagung 2. 3) Untuk mengetahui komparasi prestasi belajar bidang studi
aqidah akhlak siswa kelas X yang berasal dari SMP dan MTs di MAN Tulungagung 2.
Kegunaan hasil penelitian, agar
bermanfaat untuk pengembangan khazanah keilmuan serta sebagai bahan referensi
atau rujukan dan tambahan pustaka pada perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam
Negeri Tulungagung, terutama yang berkaitan dengan pembelajaran aqidah akhlak, dapat
digunakan sebagai tambahan bahan pertimbangan untuk menentukan
kebijakan-kebijakan dalam rangka peningkatan prestasi belajar siswa sehingga
mampu menuju kearah yang lebih baik dan dapat menunjukkan kualitas pendidikan.
Metode penelitian, penelitian
ini bersifat deskriptif, komparatif kuantitatif, populasinya seluruh siswa
kelas X MAN Tulungagung 2, sampelnya 86 orang, teknik samplingnya proportionate
random sampling, variabel penelitiannya adalah independent variabel yang
dikomparasikan, teknk dan instrumen pengumpulan data adalah observasi,
interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan induktif dan SPSS dengan
mencari perbandingan rata-rata.
Hasil penelitian: 1) Rata-rata
atau mean nilai mata pelajaran aqidah akhlak untuk
siswa yang berasal dari SMP atau variabel X2
di MAN Tulungagung 2 adalah 79, 28. Hal itu menunjukkan bahwa siswa dari
SMP juga mampu mengikuti dengan baik dan menyerap mata pelajaran aqidah akhlak.
2) Rata-rata atau mean nilai mata pelajaran aqidah
akhlak untuk siswa yang berasal dari MTs atau variabel X1 di MAN
Tulungagung 2 adalah 81,11. Hal itu menunjukkan bahwa siswa dari MTs juga mampu
mengikuti dengan baik dan menyerap mata pelajaran aqidah akhlak. 3) Rata-rata
nilai mata pelajaran aqidah akhlak siswa yang berasal dari MTs lebih besar dari
pada rata-rata nilai mata pelajaran aqidah akhlak siswa yang berasal dari SMP
atau dapat dirumuskan X1>X2
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar