Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Di MTsN Ngantru (PAI-54)

      Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa kini yang dihadapkan pada tantangan zaman.Dalam menghadapi tantangan tersebut seorang guru khususnya guru Al-Quran hadits berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mendorong siswanya untuk tidak meninggalkan ajaran Islam seperti membaca Al-Quran.
    Yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; (1)bagaimana Upaya guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung. (2) Faktor pendukung guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung?. (3) Faktor penghambat guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah(1) Untuk mengetahui upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Ngantru Tulungagung.(2) Untuk mengetahui faktor pendukung guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Ngantru Tulungagung. (3) untuk mengetahui faktor penghambat guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung

Adapun metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada 3 yaitu: orang, meliputi kepala madrasah dan guru al-Qur’an hadits, tempat, paper/dokumen yaitu berupa catatan-catatan atau arsip. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, verivikasi atau penarikan kesimpulan.
Setelah penulis mengadakan penelitian dangan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) adapun upaya guru Al-Quran hadits dalam menmbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru meliputi melalui pembiasaan, Pemberian Point/Nilai, serta adanya bimbingan. (2) Ada beberapa faktor pendukung guru Al-Quran hadits Dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru yaitu; Adanya minat dari anak didik, fasilitas yang memadai, pelajaran tilawatil Qur’an (3) faktor penghambatnya, Kurang adanya kesadaran anak didik akan pentingnya belajar membaca Al-Qur’an, Lingkungan dan keadaan ekonomi  keluarga yang rendah sehingga anak didik tidak mendapat perhatian  dan kontrol dari orang tua untuk belajar membaca Al-Qur’an.


Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan