Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena
pendidikan Islam pada masa kini yang dihadapkan pada tantangan zaman.Dalam
menghadapi tantangan tersebut seorang guru khususnya guru Al-Quran hadits berupaya
semaksimal mungkin untuk dapat mendorong siswanya untuk tidak meninggalkan ajaran
Islam seperti membaca Al-Quran.
Yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; (1)bagaimana Upaya
guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN
Ngantru Tulungagung. (2) Faktor pendukung guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan
minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung?. (3) Faktor penghambat
guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN
Ngantru Tulungagung?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian
dalam hal ini adalah(1) Untuk mengetahui upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam
menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Ngantru Tulungagung.(2) Untuk
mengetahui faktor pendukung guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan minat
belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Ngantru Tulungagung. (3) untuk mengetahui faktor
penghambat guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran
di MTsN Ngantru Tulungagung
Adapun metode penelitian dalam skripsi ini
adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam
penelitian ini ada 3 yaitu: orang, meliputi kepala madrasah dan guru al-Qur’an
hadits, tempat, paper/dokumen yaitu berupa catatan-catatan atau arsip. Prosedur
pengumpulan data meliputi: metode observasi, metode wawancara, metode
dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data,
verivikasi atau penarikan kesimpulan.
Setelah penulis mengadakan penelitian dangan
beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) adapun upaya guru Al-Quran hadits
dalam menmbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru meliputi
melalui pembiasaan, Pemberian Point/Nilai, serta adanya bimbingan. (2) Ada
beberapa faktor pendukung guru Al-Quran hadits Dalam menumbuhkan minat belajar
membaca Al-Quran di MTsN Ngantru yaitu; Adanya minat dari anak didik, fasilitas
yang memadai, pelajaran tilawatil Qur’an (3) faktor penghambatnya, Kurang
adanya kesadaran anak didik akan pentingnya belajar membaca Al-Qur’an,
Lingkungan dan keadaan ekonomi keluarga
yang rendah sehingga anak didik tidak mendapat perhatian dan kontrol dari orang tua untuk belajar
membaca Al-Qur’an.Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar