Penelitian dalam skripsi ini
dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di
sekolah biasanya kita temui siswa-siswi pada sekolah tersebut mengalami
kesulitan belajar, terlebih pada mata pelajaran AL-Qur’an Hadits, kesulitan
belajar tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. Jika kesulitan-kesulitan yang
ada itu tidak di atasi dan dicarikan solusinya dengan seksama maka akan
mempengaruhi pada keberhasilan belajar siswa-siswi. Oleh karena itu, berbagai
pihak yang bersangkutan yaitu Guru AL-Qur’an Hadits
Berusaha
mengatasinya dengan berbagai cara agar tercapai tujuan pendidikan yang
seoptimal mungkin.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian
dalam hal ini adalah: (1) Untuk mengetahui jenis kesulitan belajar yang di
hadapi oleh siswa Kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (2) Untuk
mengetahui bagaimana upaya guru al- qur’an hadits dalam mengatasi kesulitan
belajar siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (3) Untuk mengetahui
faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru al-qur’an hadits dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar.
Pendektan yag digunakan dalam penelitian
ini adalah kualitratif. Lokasi penelitian terletak di MTs Darul Huda . Data
yang peneliti dapatkan dari, guru al-qur’an hadits dan siswa. Metode yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian: 1)
Jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa-siswi kelas VIII C pada mata
pelajaran Al Qur’an Hadits yaitu: Memahami materi pelajaran Al Qur’an Hadits,
Menghafal ayat Al Qur’an dan Hadits, Mempraktekkan hukum bacaan (tajwid), 2)
Cara guru Al Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII C
pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar sudah
diterapkan pada siswanya dengan cukup baik. Adapun bentuknya meliputi: Guru Al Qur’an Hadits membentuk kelompok
siswa untuk membuat rangkuman tentang penjelasan materi, Guru
mendemonstrasikan bacaan ayat Al Qur’an dan Hadits serta melatih siswa membaca ayat tersebut secara perorangan
maupun kelompok, Memberikan latihan-latihan secara individu maupun kelompok
baik di sekolah ataupun di rumah, Senantiasa memberikan motivasi, Memahami
materi dengan model permainan seperti adu cepat tempel kertas.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar