Penelitian dalam
skripsi ini dilatarbelakangi oleh realitas,
dimana mayoritas guru di Indonesia masih menggunakan pendekatan tradisional
dalam aktifitas pembelajaran, dan pendekatan tradisional dirasa tidak mampu
menggali potensi terbesar anak didik, kreatifitas anak tidak berkembang, dan
siswa menjadi jenuh dan bosan. Dalam hal ini peneliti akan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa
dengan PAIKEM melalui metode outbound pada siswa
kelas III SDN I Karangwaru Kabupaten Tulungagung.
Adapun fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana PAIKEM dengan metode outbound dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika pada siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung? (2) Apakah prestasi belajar matematika siswa meningkat
melalui PAIKEM dengan metode outbound pada
kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) untuk
mendiskripsikan proses PAIKEM dengan metode outbound dapat meningkatkan
prestasi belajar matematika pada siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung
(2) untuk mengetahui
peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Karangwaru
Tulungagung melalui
PAIKEM dengan metode outbound.
Dalam penelitian
ini digunakan metode tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. tes digunakan
untuk mengetahui sejauh mana
tingkat penguasaan siswa terhadap materi, observasi dilakukan untuk mengamati
kegiatan dikelas selama pembelajaran berlangsung, hasil catatan lapangan
digunakan untuk mengetahui sejauh mana aktifitas peneliti dan siswa yang tidak
terdapat dalam indikator keberhasilan pembelajaran, wawancara memerlukan taktik
tertentu agar subyek penelitian senang memberikan keterangan yang diperlukan.
Adapun proses pembelajarannya dilakukan beberapa tahap pada materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang. Masing-masing tahap terdiri
dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dimaksudkan
untuk mempersiapkan siswa secara fisik dan mental untuk menghadapi kegiatan
inti dengan mengingat kembali materi prasyarat. Kegiatan inti dimaksudkan untuk
membantu siswa memahami materi Keliling
dan Luas Persegi dan Persegi Panjang dengan menggunakan
alat peraga dan permainan yang
terstruktur. Kegiatan akhir dimaksudkan untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang materi dengan
memberikan soal-soal tes kepada masing-masing siswa sehingga dapat diketahui
prestasi belajarnya. Serta diharapkan terjadi peningkatan Prestasi
|
Penerapan
PAIKEM melaui metode outbound membantu meningkatkan prestasi belajar
matematika siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung mengalami peningkatan yang signifikan Prestasi belajar matematika
siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II
yaitu sebesar 17%, pada siklus I persentase ketuntasan prestasi belajarnya 79% dengan kategori cukup
dan siklus II 96% dengan kategori baik.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar