Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang Dengan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Melalui Metode Outbound Pada Siswa Kelas III SDN (PMT-65)


Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh realitas, dimana mayoritas guru di Indonesia masih menggunakan pendekatan tradisional dalam aktifitas pembelajaran, dan pendekatan tradisional dirasa tidak mampu menggali potensi terbesar anak didik, kreatifitas anak tidak berkembang, dan siswa menjadi jenuh dan bosan. Dalam hal ini peneliti akan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan PAIKEM melalui metode outbound  pada siswa kelas III SDN I Karangwaru Kabupaten Tulungagung.
Adapun fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana PAIKEM dengan metode outbound dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung? (2) Apakah prestasi belajar matematika siswa meningkat melalui PAIKEM dengan metode outbound pada kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) untuk mendiskripsikan proses PAIKEM dengan metode outbound dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung (2) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung melalui PAIKEM dengan metode outbound.

Dalam penelitian ini digunakan metode tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. tes digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan siswa terhadap materi, observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan dikelas selama pembelajaran berlangsung, hasil catatan lapangan digunakan untuk mengetahui sejauh mana aktifitas peneliti dan siswa yang tidak terdapat dalam indikator keberhasilan pembelajaran, wawancara memerlukan taktik tertentu agar subyek penelitian senang memberikan keterangan yang diperlukan.
 
Adapun proses pembelajarannya dilakukan  beberapa tahap pada materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang. Masing-masing tahap  terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dimaksudkan untuk mempersiapkan siswa secara fisik dan mental untuk menghadapi kegiatan inti dengan mengingat kembali materi prasyarat. Kegiatan inti dimaksudkan untuk membantu siswa memahami materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang dengan menggunakan alat peraga dan permainan yang terstruktur. Kegiatan akhir dimaksudkan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang  materi dengan memberikan soal-soal tes kepada masing-masing siswa sehingga dapat diketahui prestasi belajarnya. Serta diharapkan terjadi peningkatan Prestasi

xvi
 
Penerapan PAIKEM melaui metode outbound membantu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Karangwaru Tulungagung mengalami peningkatan yang signifikan Prestasi belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 17%, pada siklus I persentase ketuntasan prestasi belajarnya 79% dengan kategori cukup dan siklus II 96% dengan kategori baik.


Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan