Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Untuk Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung (PAI-78)


Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menjadi tujuan utama adalah bagaimana nilai-nilai ajaran Islam yang diajarkan dapat tertanam dalam diri siswa sehingga terjadi perubahan tingkah lakuyang dilandasi dengan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan pribadinyadan terbentuknya“insan kamil”,  akan tetapi Proses belajar di sekolah selama ini pada kenyataannyasiswa lebih berperan sebagai obyek dan guru berperansebagai subyek, untuk mencapai tujuan pembelajaran PAI pada dirisiswa tentang nilai-nilai ajaran Islam yang diajarkan secara mudah sertaadanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidakmerasa jenuh dan mampu mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang dimaksud adalah Pembelajaran Kontekstualatau Contextual Teaching and Learning (CTL).

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan setrategi Pembelajaran Contextual Theaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah AkhlakKelas VIII di MTs Darul Falah BendilJati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014? (2) Bagaimana dampak Penerapan setrategi Pembelajaran Contextual Theaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendil Jati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014?(3)Apakah faktor pendukung dan penghambat Pembelajaran Contextual Theaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendil Jati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Penerapan setrategi Pembelajaran Contextual Theaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendil Jati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014, Untuk mengetahui pengaruh Penerapan setrategi Pembelajaran Contextual Theaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendil Jati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2013/2014,Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat Pembelajaran Contextual Theaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah.
Penelitian ini menggunakan pola dan jenis kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga macam metode yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Untuk analisa data digunakan analisis deskriptif  dalam upaya untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menyebutkan, Penerapan setrategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendil Jati Kulon) dilakukan dengan cara menyampaikan materi yang lebih actual, lebih realistis, lebih menyenangkan. Hal ini memungkinkan siswa untuk menguatkan, memperluas, dan menerapkanpengetahuan dan ketrampilan akademik mereka dalam berbagai macam tatanan baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan