Dalam mata
pelajaran secara keseluruhan di SDN Setonorejo, pelajaran matematika merupakan
pelajaran yang nilai rata-rata kelasnya paling rendah. Dari tahun ke tahun
nilai rata-ratanya hanya pada kisaran 5,4 sampai 6,1. Oleh karena itu,
peningkatan mutu pun masih terfokus pada upaya peningkatan prestasi pada mata
pelajaran matematika.
Permasalahan yang muncul apakah dengan Pembelajaran Kooperatif Tutor
Sebaya dalam kelompok-kelompok belajar dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa SD Negeri Setonorejo 2 kelas VI dalam pokok bahasan menentukan KPK dan
FPB.
Tujuan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas VI SD Negeri Setonorejo 2 Kecamatan Kras dalam pokok
bahasan menentukan KPK dan FPB melalui pembelajaran kooperatif tutor sebaya
dalam kelompok kelompok belajar.
Hasil dari penelitian ini dirancang
dengan melalui 3 siklus yakni siklus I, siklus II, dan siklus III. Dari siklus
I sampai siklus III melibatkan beberapa komponen, antara lain peneliti itu
sendiri, pengamat siswa, dan unsur lain yang terlibat dalam penelitian
tersebut.
Pelaksanaan siklus itu sendiri
terdiri dari beberapa tahap, seperti siklus I tahap yang dilalui adalah tahap
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan tahap refleksi. Demikian juga untuk
siklus II, dan siklus III.
Simpulan yang dapat diambil adalah
bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya dalam
kelompok-kelompok belajar ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
pada pokok bahasan menentukan KPK dan FPB di SD Negeri Setonorejo 2 Kecamatan
Kras Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2009/2010.
Saran yang dapat disampaikan
penulis, sebaiknya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok
bahasan menentukan KPK dan FPB untuk siswa kelas VI dapat digunakan model
pembelajaran kooperatif tutor sebaya dalam kelompok kelompok belajar.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar