Implementasi Metode Drill Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas VIII Semester II MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung (PAI-53)


Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih ditemukan banyak dari siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari yang belum dapat membaca atau melafalkan huruf Arab apalagi menghafal dan menulis huruf Arab dengan baik dan benar padahal itu semua berada dalam materi pelajaran al-Qur’an Hadits. Penulis dapat menyimpulkan demikian, karena penulis melaksanakan kegiatan PPL di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari dan menjumpai banyak siswa-siswi yang belum dapat membaca dan melafalkan huruf Arab.
Rumusan masalah dalam penulisam skripsi ini adalah (1) Bagaimana persiapan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana penilaian implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana persiapan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung g. (3) Untuk mengetahui bagaimana penilaian implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Skripsi Pendidikan Agama Islam Download


Skripsi Pendidikan Agama Islam Download

Buat teman mahasiswa yang kebetulan lagi sibuk mikirin tentang pembuatan judul Skripsi Pendidikan Agama Islam, dan lagi mencari contoh gratis. Mudah-mudahan contoh Skripsi Pendidikan Agama Islam ini bisa membantu anda dalam membuat skripsi yang anda jalani.


Untuk mendownload materi lengkapnya silahkan klik judul di bawah ini


Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Karakteristik Guru PAI Dalam Membentuk Kepribadian Siswa di MAN 2 Tulungagung (PAI-52)


Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa guru memegang peranan penting dalam proses pendidikan. Guru diposisikan sebagai orang yang ‘alim, shalih dan sebagai uswah sehingga guru dituntut juga beramal shalih sebagai aktualisasi dari keilmuan yang dimilikinya. Guru juga dianggap bertanggung jawab kepada para siswanya, tidak saja ketika dalam proses pembelajaran berlangsung, tetapi juga ketika proses pembelajaran berakhir, bahkan sampai di Akhirat. Sehingga tugas dan tanggung jawab guru dalam pendidikan sangat berat. Dalam hal ini peneliti mendiskripsikan karakteristik guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung.

Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana karakteristik guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana usaha guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk memahami karakteristik, peran guru dan usaha guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung.

Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola pikir,sikap dan pengetahuan sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran. Bagi para guru sebagai peningkatan kualitas kepribadian serta untuk menunjang suksesnya pendidikan nasional. Bagi para siswa sebagai masukan dalam menentukan sikap positif untuk selalu memperbaiki kepribadian melalui pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, metode interview dan dokumentasi. Metode obsevasi adalah penelitian yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap obyek yang diselidiki. Metode Interview merupakan metode pengumpulan data yang menghendaki komunikasi langsung antara peneliti dengan subyek. Sedangkan metode dokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah dan sebagainya.

Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, maka dapat dianalisis dan disimpulkan bahwa karakteristik guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung sudah menunjukkan kepribadian yang baik. Guru dapat dijadikan suritauladan bagi peserta didiknya.Tidak ditemukan perilaku guru yang menyimpang dari pembelajaran atau kasus-kasus terkait guru yang sampai di Kepolisian.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Contoh Skripsi Syariah


Contoh Skripsi Syariah

Buat teman mahasiswa yang kebetulan lagi sibuk mikirin tentang pembuatan judul Skripsi Skripsi Syariah, dan lagi mencari contoh gratis. Mudah-mudahan contoh Skripsi Skripsi Syariah ini bisa membantu anda dalam membuat skripsi yang anda jalani.


Untuk mendownload materi lengkapnya silahkan klik judul di bawah ini





Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Studi Analisis Qiyas Imam Syafi'i Dalam Istinbath Hukum (sy-2)


Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh seorang tokoh yang bernama Imam Syafi'i, yang fiqhnya menggabungkan dua madzab sebelumnya yaitu ahlu hadits dan ra'yi dengan porsi seimbang. Selain itu madzab Syafi'i adalah madzab yang tersebar di dunia yang di antaranya di Indonesia. Sedangkan penulis memilih qiyas, karena dengan pertimbangan : a) Semakin berkembangnya hukum yang belum ada kejelasan dari al-Qur'an dan al-Hadits ataupun Ijma', b) Mengingat yang diqiyaskan adalah syari'at maka tidak boleh dibuat semaunya, c) Orang yang melakukan qiyas harus memiliki keahlian dan memenuhi persyaratan-persyaratan. Dalam hal ini peneliti hanya membahas secara khusus. Salah satu dari sekian banyak pemikiran tokoh ini yaitu qiyas Imam Syafi'i dalam Istinbath hukum.
Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana sistematika sumber dan dalil hukum menurut Imam Syafi'i? (2) Bagaimana konsep qiyas menurut Imam Syafi'i? (3) Bagaimana analisa penulis terhadap metode qiyas Imam Syafi’i dalam Istinbath hukum ? Adapun yang menjadi tujuan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui sistematika sumber dan dalil hukum menurut Imam Syafi’i. (2) Untuk mengetahui konsep qiyas menurut Imam Syafi’i. (3) Untuk mengetahui analisa penulis terhadap metode qiyas Imam Syafi’i dalam Istinbath hukum.
Skripsi ini secara teoritis berguna dalam pengembangan, pembangunan dan peningkatan khasanah ilmiah dalam hukum Islam. Sedangkan secara praktis berguna bagi setiap orang Islam ketika menerapkan metode qiyas dalam Istinbath hukum terhadap suatu masalah dan juga dapat digunakan bahan pertimbangan dalam memproduksi karya-karya ilmiah bagi seluruh civitas akademik di STAIN Tulungagung maupun pihak-pihak lain yang membutuhkan.
Dalam penelitian ini digunakan metode induksi, deduksi, komparasi dan content analisis. Induksi digunakan untuk menganalisis suatu masalah-masalah dari fakta yang khusus kemudian ditarik generalisasi secara umum. Deduksi digunakan untuk menganalisa suatu masalah-masalah yang bersifat umum kemudian dijabarkan secara khusus. Komparasi digunakan untuk membandingkan dari beberapa pendapat terhadap suatu masalah dengan memperhatikan penyebab-penyebabnya. Sedangkan content analisis digunakan untuk memperoleh kejelasan suatu masalah dilihat dari aspek isi dalam masalah tersebut.
Setelah penulis melakukan studi analisis terhadap sistematika sumber dan dalil hukum serta konsep qiyas Imam Syafi'i, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa : 1). Bagi Imam Syafi'i, yang dapat dijadikan sebagai dasar hukum hanyalah al-Qur'an, al-Sunah, Ijma' dan dan Qiyas, 2). Setiap kasus pasti ada petunjuk tentang hukumnya dan petunjuk itu dicari dengan ijtihad yaitu dengan qiyas, qiyas hanya berlaku bagi orang yang menemukannya, 3). Menurut yang dipahami penulis, Imam Syafi’i mewajibkan ijtihad/ qiyas kepada umat Islam yang mampu dan tidak boleh taqlid.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan