BAB 1
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting
bagi kehidupan. Pendidikan juga merupakan salah satu faktor yang sangat
menunjang kemajuan bangsa. Dewasa ini, pendidikan sangat diperhatikan oleh
pemerintah, karena pendidikan merupakan salah satu alat untuk mencerdaskan bangsa.
Hal ini terbukti bahwa dari tahun ke tahun kurikulum pendidikan senantiasa
mengalami perubahan yang mengarah pada kesempurnaan. Tuntutan Perkembangan
dunia pendidikan sehubungan dengan perkembangan Sains Teknologi, menuntut adanya pembelajaran
yang kontekstual dan menyenangkan.
Pelajaran Fisika seringkali membuat kita kecewa,
apalagi bila dikaitkan dengan pemahaman peserta didik terhadap substansi
pelajaran tersebut. Banyak peserta didik yang mungkin mampu menghafal dan
menuliskan rumus–rumus Fisika tersebut, tetapi kenyataannya mereka sering tidak
memahami secara mendalam mengenai isi dari materi itu sendiri, selain itu
mereka belum bisa menghubungkan antara apa yamg mereka pelajari dengan
pengetahuan itu berguna.
Berdasarkan observasi di SMKN 1 Kasreman
didapatkan bahwa prestasi belajar siswa masih rendah. Hal ini terlihat di dalam
proses pembelajaran, rata-rata siswa yang bertanya, ataupun menjawab pertanyaan
yang diberikan guru hanya 3 sampai 5 orang, itu membuktikan bahwa siswa kurang
aktif dan enggan terhadap mata pelajaran fisika. Selain itu nilai ulangan
harian pada pokok bahasan Hukum Newton yang rata-ratanya hanya 62, dibawah
rata-rata nilai SKBM yang ditentukan di SMKN 1 Kasreman sebesar 65. Salah satu
faktor yang mungkin menjadi penyebabnya adalah motivasi belajar siswa yang
masih rendah. Hal ini perlu dicarikan penyelesaiannya karena jika dibiarkan
secara terus menerus, maka siswa akan menganggap Fisika sebagai mata pelajaran
yang sulit dan rumit, akhirnya siswa enggan belajar fisika.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini