BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Guru sebagai pendidik dalam lembaga pendidikan formal di sekolah, secara
langsung atau tegas menerima kepercayaaan dari masyarakat untuk memangku
jabatan dan tanggungjawab pendidikan.[1] Lebih lanjut, tugas dan tanggungjawab guru dalam
pendidikan formal di sekolah sebagaimana dikutip E. Mulyasa dalam Standar
Kompetensi dan Sertifikasi Guru dijelaskan bahwa :
Guru
merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara
keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama, dan utama. Figur
yang satu ini akan senantiasa menjadi sorotan stategis ketika berbicara masalah
pendidikan, karena guru selalu terkait terkait dengan komponen manapun dalam
sistem pendidikan. Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan,
khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru sangat menentukan
keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar.
Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan
hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, upaya perbaikan apapun yang
dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan memberikan
sumbangan yang signifikan tanpa didukung oleh guru yang profesional dan
berkualitas. Dengan kata lain, perbaikan kualitas pendidikan harus berpangkal
dari guru dan berujung pada guru.[2]
Jadi guru mempunyai peran yang
sangat penting dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan nasional, khususnya
dibidang pendidikan karena "guru merupakan titik sentral dari peningkatan
kualitas pendidikan yang bertumpu pada kualitas proses belajar mengajar".[3]
Proses belajar mengajar akan senantiasa merupakan proses interaksi antara
dua unsur manusiawi, yakni siswa sebagai pihak yang belajar dan guru sebagai
pihak yang mengajar, dengan siswa sebagai subyek pokoknya.[4] Tetapi agar memperoleh hasil yang
optimal, proses belajar mengajar harus dilakukan dengan sadar dan sengaja serta
terorganisasi secara baik.[5]
Dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar tersebut lebih lanjut,
menurut Moh. Uzer Usman sebagaimana dikutip dalam Proses Belajar Mengajar
di Sekolah menguraikan bahwa:
Proses
belajar mengajar adalah suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru
dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi
edukatif untuk mencapai tujuan tertentu.[6]
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini