Pemahaman Dan Implementasi Mata Pelajaran Risalatul Mahid Dalam Kehidupan Murid Kelas 3 Tsanawiyah Madrasah Diniyah Nahdhotul Ulama’ Pondok Pesantren APIS Gondang Gandosari (PAI-45)


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Wanita adalah manusia yang diberikan beban sebagaimana pria, maka wajib bagi wanita untuk menuntut ilmu tentang kewajiban-kewajiban yang ditujukan kepadanya, agar ia dapat melaksanakan kewajiban itu dengan penuh keyakinan. Jika ia tidak mengetahui kewajiban-kewajibannya, maka ia harus bertanya dan harus belajar kepada muhrimnya, jika ia tidak memiliki mahram untuk bertanya, maka hendaklah ia bertanya dan belajar dari guru-guru yang menguasai bidang yang ditanyakan tanpa melakukan khalwat (berduaan dengan lawan jenis yang bukan mahram). Hendaknya ia tidak malu untuk bertanya tentang sesuatu yang ia alami dalam kehidupan agamanya, karena sesunguhnya Allah SWT tidak pernah malu dalam melakukan kebaikan. 
Berdasarkan uraian di atas jelaslah bahwa wanita itu harus menuntut ilmu tentang kewajiban-kewajiban bagi dirinya. Salah satu ilmu yang sangat penting yang mutlak harus dipelajari dan dimiliki oleh seorang wanita yaitu ilmu tentang pendidikan haid.
Aisyah r.a. berkata bahwa Aisyah r.a., bertanya kepada Nabi SAW tentang mandi haid?, maka beliau bersabda: “Hendaklah seorang wanita diantara kalian mengambil air dan pohon bidara, kemudian ia membersihkan tubuhnya dengan sebaik-baiknya dengan pohon bidara itu, lalu mengguyurkan air pada seluruh tubuhnya, lalu ia mengambil kapas atau kain yang dicampur wewangian untuk menghilangkan bekas darah itu hingga bersih.” Lalu Asma r.a. berkata: “Bagaimanakah membersihkan dengan kapas itu?” maka beliau bersabda: “Maha Suci Allah, engkau membersihkannya dengan kapas itu!”, maka berkata Aisyah r.a. : “Seakan-akan Asma tidak mengetahui bagaimana hal tersebut, engkau (Asma) hanya membersihkan bekas darah itu”, dan Asma bertanya pula kepada Beliau tentang mandi junub?, maka beliau bersabda: “Ambillah olehmu air, kemudian engkau membersihkan tubuhmu dengan sebaik-baiknya dan bersihkanlah tubuhmu dengan sempurna, kemudian tuangkanlah air di atas kepalamu dengan memijit kulit kepala hingga ke seluruh kepala, kemudian tuangkanlah air di seluruh kepalamu”, maka berkata Aisyah r.a.: “Sebaik-baik wanita adalah wanita-wanita kaum Anshar!, mereka tidak malu untuk memahami agama mereka”.    

Hadits di atas menyebutkan bahwa Nabi Muhammad sendiri sangat terbuka dengan hal-hal yang menyangkut wanita, karena beliau menganggap bahwa haid adalah hal yang sangat urgen yang wajib dimengerti karena hubungannya dengan ibadah wajib. Selain wanita, pria yang sudah beristri, juga para mu’alim, para da’i dan kita semua harus mengerti dan memahami karena ilmu tentang Risalatul Mahid ini sangat penting. Sebab masalah ini erat hubungannya dengan ibadah fardhu ain, seperti shalat dan puasa. Seharusnya semua wanita yang telah berumur 9 tahun sudah mengerti tentang hal ini atau suaminya. Sebab umur 9 tahun wanita sudah mungkin mengalami haid. Suatu realitas bahwa  anak-anak yang baru akan atau selesai tamat MI/SD sudah banyak yang haid, atau bahkan istihadhoh. Selain itu masih banyak orang yang sudah dewasa (suami istri) yang sama sekali belum mengerti masalah ini. Bahkan masih banyak yang belum mengerti cara-cara mandi yang benar, shalat dan puasa yang wajib diqodho. Ada yang sudah belajar namun masih banyak yang salah. Hal ini sangat membutuhkan perhatian kita semua! Lebih-lebih akhir-akhir ini banyak sekali wanita yang masa haidnya tidak teratur (tidak normal).     
Memperhatikan uraian di atas, maka penulis memandang bahwa memahami dan mengerti tentang ilmu haid itu sangatlah penting khususnya bagi setiap wanita. Sehingga penulis akan mengadakan penelitian yang lebih tuntas dan komprehensif tentang pemahaman dan implementasi ilmu Risalatul Mahid dengan tema “Pemahaman dan Implementasi Mata Pelajaran Risalatul Mahid dalam Kehidupan Santri Kelas 3 Tsanawiyah Putri Madrasah Diniyah NU Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam Salafiyah (APIS) Gondang Gandosari Blitar Tahun 2010”.
Peneliti memilih kelas 3 Tsanawiyah putri sebagai subyek penelitian karena di kelas 3 ini mereka mempelajari Risalatul Mahid lagi yang dulunya pernah mereka pelajari di kelas ibtidaiyah. Sehingga pastinya mereka lebih memahami pelajaran ini dibanding dengan kelas-kelas lain.


skripsi pendidikan agama islam, skripsi pendidikan agama islam kualitatif pdf, skripsi pendidikan agama islam kualitatif terbaru, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, skripsi pendidikan agama islam doc, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif pdf, skripsi pendidikan agama islam download, skripsi pendidikan agama islam tentang akhlak, skripsi pendidikan agama islam pdf, skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, skripsi pendidikan agama islam kualitatif, skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa, abstrak skripsi pendidikan agama islam, contoh abstrak skripsi pendidikan agama islam, proposal skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa, skripsi pendidikan agama islam pada anak usia dini, artikel skripsi pendidikan agama islam, angket skripsi pendidikan agama islam, analisis skripsi pendidikan agama islam, contoh skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa, skripsi pendidikan agama islam bab 1, judul skripsi pendidikan agama islam beserta rumusan masalah, bahan skripsi pendidikan agama islam, latar belakang skripsi pendidikan agama islam, bab i skripsi pendidikan agama islam, contoh latar belakang skripsi pendidikan agama islam, contoh bab 1 skripsi pendidikan agama islam, skripsi motivasi belajar pendidikan agama islam, skripsi peranan pendidikan agama islam dalam membina etika berpakaian siswi, skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap motivasi sholat berjamaah, contoh skripsi pendidikan agama islam di sd, contoh proposal skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, judul skripsi pendidikan agama islam.com, contoh skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, contoh skripsi pendidikan agama islam, contoh skripsi pendidikan agama islam pdf, contoh skripsi pendidikan agama islam kualitatif, contoh skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, contoh skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah pdf, contoh skripsi pendidikan agama islam lengkap, skripsi pendidikan agama islam dalam keluarga, skripsi pendidikan agama islam di tk, skripsi pendidikan agama islam document, skripsi pendidikan agama islam di smp, contoh proposal skripsi pendidikan agama islam doc, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif doc, skripsi pendidikan agama islam kualitatif doc, skripsi evaluasi pendidikan agama islam, skripsi eksperimen pendidikan agama islam, skripsi efektifitas pembelajaran pendidikan agama islam, skripsi efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam, judul skripsi fakultas pendidikan agama islam, contoh judul skripsi fakultas pendidikan agama islam, judul skripsi fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam, file skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam, download skripsi pendidikan agama islam tarbiyah gratis, judul skripsi pendidikan agama islam, judul skripsi pendidikan agama islam kualitatif terbaru, judul skripsi pendidikan agama islam kualitatif, judul skripsi pendidikan agama islam terbaru, judul skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, skripsi jurusan pendidikan agama islam, judul skripsi pendidikan agama islam 2016, kumpulan skripsi pendidikan agama islam pdf, judul skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, skripsi pendidikan agama islam lengkap, judul skripsi pendidikan agama islam library research, judul skripsi pendidikan agama islam literatur


Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan