BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam menjalani kehidupan, manusia tidak akan lepas
dari kegiatan pendidikan, baik pendidikan dalam bentuk fisik maupun pendidikan
dalam bentuk psikis. Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam
memperbaiki kehidupan sosial guna menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup
masyarakat. Manusia sebagai warga masyarakat dengan berbagai lapisannya, berhak
mendapatkan pendidikan yang layak, sehingga dalam hidup dan kehidupannya
mempunyai tendensi kearah kemajuan dan perkembangan yang positif, kearah yang
lebih baik dari sebelumnya
Pendidikan adalah sebuah sistem sosial yang menetapkan
pengaruh adanya efektif dari keluarga dan sekolah dalam membentuk generasi muda
dari aspek jasmani, akal dan akhlak. Sehingga dengan pendidikan tersebut
seseorang mampu hidup dengan baik dalam lingkungannya. Oleh karena itu
pendidikan merupakan proses yang menyeluruh untuk membuat seseorang mampu
menyesuaikan diri dengan budaya lingkungannya.
Pendidikan merupakan sebuah proses untuk membentuk
pribadi yang bertanggung jawab, berintelektual tinggi dan berakhlak mulia. Dengan
demikian ada beberapa aspek yang perlu ditekankan diantaranya adalah aspek
intelektual dan aspek tingkah laku karena diharapkan setelah proses pendidikan
akan terbentuk manusia yang berintelektual tinggi serta berbudi pekerti luhur.
Pendidikan akhlak dalam Islam adalah pendidikan yang
mengakui bahwa dalam kehidupan manusia menghadapi hal baik dan hal buruk,
kebenaran dan kebatilan, keadilan dan kezaliman, serta perdamaian dan
peperangan. Untuk menghadapi hal-hal yang serba kontra tersebut, Islam telah
menetapkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang membuat manusia mampu hidup di
dunia. Dengan demikian, manusia mampu mewujudkan kebaikan di dunia dan akhirat,
serta mampu berinteraksi dengan orang-orang yang baik dan jahat.
Akhlak menurut Al-Ghazali adalah Al-Khuluq (jamaknya
Al-Akhlaq) ialah ibarat (sifat atau keadaan) dari perilaku yang konstan
(tetap) daripadanya tumbuh perbuatan-perbuatan dengan wajar dan mudah, tanpa memerlukan
pikiran dan pertimbangan. Akhlak yang sesuai dengan akal pikiran dan syariat
dinamakan akhlak mulia dan baik, sebaliknya akhlak yang tidak sesuai
(bertentangan) dengan akal pikiran dan syariat dinamakan akhlak sesat dan
buruk, hanya menyesatkan manusia belaka.
Pada hakikatnya Akhlak menurut Al-Ghazali itu harus
mencakup dua syarat diantaranya yang pertama bahwa perbuatan itu harus konstan,
yaitu dilakukan berulang kali kontinu dalam bentuk yang sama, sehingga dapat
menjadi kebiasaan (habit forming). Sedangkan syarat yang kedua adalah
bahwa perbuatan yang konstan itu harus tumbuh dengan mudah sebagai wujud
refleksi dari jiwanya tanpa pertimbangan dan pemikiran, yakni bukan karena
adanya tekanan-tekanan, paksaan-paksaan dari orang lain atau pengaruh-pengaruh
dan bujukan-bujukan yang indah dan sebagainya
Tujuan utama pendidikan Akhlak dalam Islam adalah agar
manusia barada dalam kebenaran dan senantiasa berada dijalan yang lurus, jalan
yang telah digariskan oleh Allah swt. Akhlak mulia merupakan tujuan pokok dalam
pendidikan Akhlak Islam. Akhlak seseorang akan dianggap mulia jika perbuatannya
mencerminkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an. Sehingga hal inilah
yang akan mengantarkan manusia kepada kebahagiaan di dunia dan di akhirat
Sedangkan menurut Al-Ghazali, tujuan utama pendidikan
adalah pembentukan akhlak. Beliau mengatakan bahwa tujuan murid dalam
mempelajari segala ilmu pengetahuan pada masa sekarang adalah kesempurnaan dan
keutamaan jiwanya. Pendapat Al-Ghazali itu seperti yang dikutip oleh Zainuddin
yang menyatakan bahwa pendidikan budi pekerti adalah jiwa dari pendidikan Islam
(pendidikan yang dikembangkan oleh kaum muslimin), dan Islam telah menyimpulkan
bahwa pendidikan budi pekerti dan akhlak adalah jiwa pendidikan Islam. Mencapai
suatu akhlak yang sempurna adalah tujuan yang sebenarnaya dari pendidikan.[1]
Oleh karena itu, tujuan utama dalam pendidikan Islam
adalah pencapaian akhlak yang mulia sehingga tercipta kehidupan manusia yang
harmonis, saling tolong menolong, berlaku adil dan hubungan yang seimbang dalam
kehidupan bermasyarakat. Karen itu pula, penanaman akhlak kepada anak-anak dan
generasi muslim sangat penting pada usia dini atau anak-anak agar kelak ketika
dewasa mereka bisa menjadi generasi
penerus yang berakhlak karimah.[2]
Namun dalam kenyataannya yang seringkali terjadi
adalah perilaku yang amoral dan tidak mencerminkan nilai-nilai akhlak yang
terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Bahkan ada juga perilaku amoral yang
dilakukan oleh anggota masyarakat yang lahir dari lembaga pendidikan yang
notabene adalah manusia yang terdidik.
Dari latar belakang diatas, maka kiranya sangat
diperlukan untuk mengkaji tentang pendidikan akhlak menurut pandangan Al Ghazali.
Oleh karena itu, penulis mengambil judul “Konsep Pendidikan Akhlak Anak
Dalam Perspektif Al Ghazali”.
skripsi pendidikan agama islam, skripsi pendidikan agama islam kualitatif pdf, skripsi pendidikan agama islam kualitatif terbaru, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, skripsi pendidikan agama islam doc, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif pdf, skripsi pendidikan agama islam download, skripsi pendidikan agama islam tentang akhlak, skripsi pendidikan agama islam pdf, skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, skripsi pendidikan agama islam kualitatif, skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa, abstrak skripsi pendidikan agama islam, contoh abstrak skripsi pendidikan agama islam, proposal skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa, skripsi pendidikan agama islam pada anak usia dini, artikel skripsi pendidikan agama islam, angket skripsi pendidikan agama islam, analisis skripsi pendidikan agama islam, contoh skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa, skripsi pendidikan agama islam bab 1, judul skripsi pendidikan agama islam beserta rumusan masalah, bahan skripsi pendidikan agama islam, latar belakang skripsi pendidikan agama islam, bab i skripsi pendidikan agama islam, contoh latar belakang skripsi pendidikan agama islam, contoh bab 1 skripsi pendidikan agama islam, skripsi motivasi belajar pendidikan agama islam, skripsi peranan pendidikan agama islam dalam membina etika berpakaian siswi, skripsi pengaruh pendidikan agama islam terhadap motivasi sholat berjamaah, contoh skripsi pendidikan agama islam di sd, contoh proposal skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, judul skripsi pendidikan agama islam.com, contoh skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, contoh skripsi pendidikan agama islam, contoh skripsi pendidikan agama islam pdf, contoh skripsi pendidikan agama islam kualitatif, contoh skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, contoh skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah pdf, contoh skripsi pendidikan agama islam lengkap, skripsi pendidikan agama islam dalam keluarga, skripsi pendidikan agama islam di tk, skripsi pendidikan agama islam document, skripsi pendidikan agama islam di smp, contoh proposal skripsi pendidikan agama islam doc, skripsi pendidikan agama islam kuantitatif doc, skripsi pendidikan agama islam kualitatif doc, skripsi evaluasi pendidikan agama islam, skripsi eksperimen pendidikan agama islam, skripsi efektifitas pembelajaran pendidikan agama islam, skripsi efektivitas pembelajaran pendidikan agama islam, judul skripsi fakultas pendidikan agama islam, contoh judul skripsi fakultas pendidikan agama islam, judul skripsi fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam, file skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam, download skripsi pendidikan agama islam tarbiyah gratis, judul skripsi pendidikan agama islam, judul skripsi pendidikan agama islam kualitatif terbaru, judul skripsi pendidikan agama islam kualitatif, judul skripsi pendidikan agama islam terbaru, judul skripsi pendidikan agama islam jurusan tarbiyah, skripsi jurusan pendidikan agama islam, judul skripsi pendidikan agama islam 2016, kumpulan skripsi pendidikan agama islam pdf, judul skripsi pendidikan agama islam kuantitatif, skripsi pendidikan agama islam lengkap, judul skripsi pendidikan agama islam library research, judul skripsi pendidikan agama islam literatur
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar