Hubungan orang tua adalah
hubungan yang paling mendasar dalam tumbuh kembangnya seorang anak. Prestasi
belajar siswa juga tidak dapat terlepas dari kondisi lingkungan keluarga siswa.
Siswa yang memiliki prestasi baik biasanya berasal dari lingkungan keluarga
yang baik, begitu pula sebaliknya, apabila lingkungan keluarga kurang baik
prestasi siswa juga memiliki kecenderungan yang rendah. Kondisi lingkungan
keluarga yang baik dapat diharapkan dapat memberikan motivasi belajar yang baik
sehingga prestasi belajar siswa dapat lebih maksimal
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi orang tua terhadap
prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa dibatasi pada mata pelajaran
PPKN kelas VI semester 2.
Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa SDN Tasikmadu 2 tahun pelajaran 2010-2011. Selanjutnya diambil sample
siswa kelas VI, yaitu sebanyak 25 anak. Untuk mengumpulkan data digunakan
angket dan nilai Try out ke 3 siswa khususnya mata pelajaran PPKN kelas VI
semester 2 tahun ajaran 2010-2011.
Berdasarkan analisis data, dengan
menggunakan korelasi product moment pearson dengan taraf signifikansi 5% denga
N = 25, hasilnya signifikan, karena dalam pengujian hipotesis, yaitu hubungan
motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa diperoleh r hitung
lebih besar dari r tabel, yaitu 0,664 > 0,396.
Kesimpulan
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara motivasi orang tua terhadap prestasi belajar bidang
studi PPKn di SDN Tasikmadu 2 tahun ajaran 2010-2011
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar