Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran matematika di sekolah,
di mana siswa kurang memahami konsep teorema pythagoras. Dalam hal ini peneliti
berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengubah strategi dan metode
yang digunakan dalam proses belajar mengajar didalam kelas yaitu dengan metode
discovery.
Yang menjadi fokus
penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana proses
pembelajaran dengan penerapan metode discovery untuk meningkatkan pemahaman
pada konsep teorema pythagoras. Siswa kelas VIII di MTSN Posari tahun 2009/2010
(2) Bagaimana pemahaman matematika pada konsep teorema pythagoras dengan
penerapan metode discovery siswa kelas VIII Di MTSN Pulosari tahun 200/2010.
Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian: metode observasi,
wawancara, tes, dan cacatan lapangan. Observasi dan cacatan lapangan digunakan
untuk mengamati proses pembelajaran. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui
tingkat pemahaman siswa setelah belajar menggunakan metode discovery dan
wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran
dengan metode discovery serta memperoleh
informasi-informasi yang dibutuhkan. Pendekatan
yang digunakan adalah kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah penelitian dan tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Adapun
hasilnya adalah sebagai berikut:
·
Pembelajaran
dengan metode discovery (penemuan terbimbing) dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep
teorema pythagoras.
·
Pemahaman siswa pada konsep teorema
pythagoras dengan metode discovery menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal ini
dapat dilihat dari nilai rata-rata pada tes akhir adalah 85,97, dengan
ketuntasan adalah 100%.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar