Penelitian
dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di MIN Tunggangri
Kalidawir Tulungagung, bahwa teknik pembelajaran yang digunakan masih kurang
menarik siswa, sehingga motivasi dan prestasi belajar siswa untuk belajar relatif
rendah. Mengingat hal tersebut, sebaiknya penyampaian pelajaran dengan model
pembelajaran yang menarik sangat diharapkan, karena aktivitas belajar pada anak
tergantung pada cara guru dalam menyampaikan pelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe make a match
dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada materi
kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam. Pembelajaran menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini diharapkan dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.
Rumusan
masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan
sumber daya alam pada siswa kelas IV MIN Tunggangri
Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS
materi kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe make
a match pada
siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk
mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make
a match pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam siswa
kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk meningkatkan
hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam
pemanfaatan sumber daya alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IV MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas
(PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan
dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk
mengamati siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman
siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a
match. Wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap
pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data
dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila
penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya
dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum 75.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar ips. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata
hasil tes awal 65,4 pada siklus I
menjadi 81,8 dan pada siklus II
naik menjadi 91,72. Tingkat ketuntasan
belajar juga meningkat dari tes awal yaitu 29,62%,
pada siklus I menjadi 65,51% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 93,10%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV
MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar