Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa matematika masih dianggap pelajaran
yang menakutkan dan sangat sulit untuk dipelajari. Kurangnya kesadaran akan
pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari juga menyebabkan minat dan
motivasi untuk belajar matematika masih rendah. Salah satu cara yang dapat
ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melaksanakan inovasi dalam
pembelajaran, antara lain dengan menerapkan pembelajaran matematika model
elaborasi yang memulai pembelajaran dari tingkat umum ke tingkat yang lebih
rinci serta senantiasa diakhiri dengan rangkuman dan sintesis dengan tujuan
untuk mempertahankan retensi (daya ingat), menambah efek motivasi dan
keberartian pada pengetahuan baru, menambah ingatan dengan menambah kreasi yang
menghubungkan pengetahuan baru peserta didik yang relevan dengan pengetahuan
sebelumnya.
Rumusan masalah
dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh penerapan pembelajaran
matematika model elaborasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi
pokok kubus dan balok kelas VIII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri? (2)
Seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran matematika model elaborasi
terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok kubus dan balok kelas
VIII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri? Adapun yang menjadi tujuan
penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh
penerapan pembelajaran matematika model elaborasi terhadap hasil belajar
peserta didik pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTs. Mujahidin
Slumbung Ngadiluwih Kediri, (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan
pembelajaran matematika model elaborasi terhadap hasil belajar peserta didik
pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih
Kediri.
Manfaat dari
penelitian ini adalah (1) Bagi institusi pendidikan sebagai salah satu bahan
rujukan dalam pengorganisasian isi bidang studi pada pelajaran lain, (2) Bagi
guru sebagai bahan pertimbangan dalam mengorganisasi isi bidang studi sebelum
materi diberikan kepada peserta didik, (3) Bagi peserta didik sebagai bekal
pengetahuan agar bisa memahami konsep dari pengetahuan yang sudah diperoleh
sebelumnya dan digunakan untuk proses materi berikutnya, serta peserta didik
lebih memahami materi dengan selalu mengaitkan isi pembelajaran yang mereka
dapatkan, (4) Bagi peneliti sebagai bahan pemikiran yang lebih mendalam untuk
meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang cara mengorganisasi isi bidang
studi sebelum memulai pembelajaran dan untuk pengembangan diri lebih lanjut.
Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, interview, tes dan
dokumentasi. (1) Metode observasi digunakan untuk memperoleh data-data yang
berkaitan dengan keadaan sekolah, keadaan sarana pendidikan dan letak geografis
sekolah, (2) Metode interview digunakan untuk memperoleh data dari pihak
sekolah tentang sejarah berdirinya sekolah dan data lain yang relevan dari
pihak sekolah, (3) Metode tes digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan
pembelajaran matematika model elaborasi terhadap hasil belajar peserta didik
kelas VIII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri, (4) Metode dokumentasi
digunakan untuk memperoleh data guru, peserta didik dan sarana prasarana
sekolah.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah t-test. Hasil hitung,
yaitu thitung yang diperoleh dari perhitungan adalah 3,70 dan ttabel
pada taraf signifikasi 5% adalah 2,000, sedangkan ttabel pada taraf
signifikasi 1% adalah 2,660. Jadi, thitung lebih besar dari ttabel
baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Dengan demikian, hipotesis diterima, yaitu ada
pengaruh penerapan pembelajaran matematika model elaborasi terhadap hasil
belajar peserta didik pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTs.
Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri. Besarnya pengaruh penerapan pembelajaran matematika model elaborasi
terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok kubus dan balok kelas
VIII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri adalah sebesar 11,82%.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar