Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Model Elaborasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Kubus dan Balok Kelas VIII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri (PMT-16)



Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa matematika masih dianggap pelajaran yang menakutkan dan sangat sulit untuk dipelajari. Kurangnya kesadaran akan pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari juga menyebabkan minat dan motivasi untuk belajar matematika masih rendah. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melaksanakan inovasi dalam pembelajaran, antara lain dengan menerapkan pembelajaran matematika model elaborasi yang memulai pembelajaran dari tingkat umum ke tingkat yang lebih rinci serta senantiasa diakhiri dengan rangkuman dan sintesis dengan tujuan untuk mempertahankan retensi (daya ingat), menambah efek motivasi dan keberartian pada pengetahuan baru, menambah ingatan dengan menambah kreasi yang menghubungkan pengetahuan baru peserta didik yang relevan dengan pengetahuan sebelumnya.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh penerapan pembelajaran matematika model elaborasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri? (2) Seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran matematika model elaborasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan pembelajaran matematika model elaborasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri, (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan pembelajaran matematika model elaborasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri.
Manfaat dari penelitian ini adalah (1) Bagi institusi pendidikan sebagai salah satu bahan rujukan dalam pengorganisasian isi bidang studi pada pelajaran lain, (2) Bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam mengorganisasi isi bidang studi sebelum materi diberikan kepada peserta didik, (3) Bagi peserta didik sebagai bekal pengetahuan agar bisa memahami konsep dari pengetahuan yang sudah diperoleh sebelumnya dan digunakan untuk proses materi berikutnya, serta peserta didik lebih memahami materi dengan selalu mengaitkan isi pembelajaran yang mereka dapatkan, (4) Bagi peneliti sebagai bahan pemikiran yang lebih mendalam untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang cara mengorganisasi isi bidang studi sebelum memulai pembelajaran dan untuk pengembangan diri lebih lanjut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, interview, tes dan dokumentasi. (1) Metode observasi digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan keadaan sekolah, keadaan sarana pendidikan dan letak geografis sekolah, (2) Metode interview digunakan untuk memperoleh data dari pihak sekolah tentang sejarah berdirinya sekolah dan data lain yang relevan dari pihak sekolah, (3) Metode tes digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran matematika model elaborasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri, (4) Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data guru, peserta didik dan sarana prasarana sekolah.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah t-test. Hasil hitung, yaitu thitung yang diperoleh dari perhitungan adalah 3,70 dan ttabel pada taraf signifikasi 5% adalah 2,000, sedangkan ttabel pada taraf signifikasi 1% adalah 2,660. Jadi, thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1%. Dengan demikian, hipotesis diterima, yaitu ada pengaruh penerapan pembelajaran matematika model elaborasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri. Besarnya pengaruh penerapan pembelajaran matematika model elaborasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kediri adalah sebesar 11,82%.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan