Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya
persaingan yang terjadi pada perusahaan meubel di Kabupaten Tulungagung dan
salah satunya terjadi pada Meubel Surya Mandiri Kabupaten Tulungagung. Bentuk
persaingan yang terjadi berhubungan erat dengan strategi pemasaran yang
diterapkan pada masing-masing perusahaan. Maka dari itu, peneliti akan meneliti
terkait dengan srategi pemasaran yang ada di Meubel Surya Mandiri di Kabupaten
Tulungagung.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana upaya untuk
meningkatkan hasil penjualan pada Meubel Surya Mandiri di Desa Ketanon
Tulungagung? 2. Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran pada Meubel Surya
Mandiri di Desa Ketanon Tulungagung? 3. Bagaimana strategi pemasaran secara
Islam dalam meningkatkan penjualan pada Meubel Surya Mandiri di desa Ketanon
Tulungagung? 4.Bagaimana strategi pemasaran pada Meubel Surya Mandiri di Desa
Ketanon Tulungagung ditinjau dari Etika Bisnis Islam?
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian kualitatif.
Berdasarkan tingkat penjelasannya penelitian ini disebut penelitian deskriptif.
Adapun jenis penelitian yang digunakan ditinjau dari sudut bidang yang diteliti
adalah termasuk penelitian lapangan. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua
jenis yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis data sebelum di lapangan, analisis data
selama di lapangan, analisis data selama di lapangan yang meliputi analisis
domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema kultural.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut Pertama Untuk meningkatkan hasil
penjualan meubel Surya Mandiri Tulungagung adalah dengan cara mengambil barang dari meubel lain di luar kota dan
melakukan promo kepada masyarakat. Kedua
Pelaksanaan strategi pemasaran dengan cara promo yaitu a. Promo melalui
radio,b. Promo melalui surat kabar c. Promo melalui selebaran. Strategi
diterapkan dalam jangka waktu satu tahun sekali. Pada tahun 2009 menerapkan
strategi promo melalui radio dan mendapatkan pendapatan sebesar Rp
207.698.000,00 dan berhasil menjual barang sebanyak 207 buah. Tahun 2010
menerapkan promo melalui surat kabar dan mendapatkan pendapatan sebesar Rp
803.370.000,00 serta berhasil menjual
barang sebanyak 2.771 buah. Pada tahun 2011 menerapkan promo melalui selebaran
dan berhasil medapatkan pendapatan sebesar Rp 976.591.000,00 serta berhasil
menjual barang sebanyak 3.697 buah. Dan pada tahun 2012 tetap menerapkan promo
melalui selebaran dan mendapatkan pendapatan sementara sebanyak Rp
327.796.000,00 dan berhasil menjual barang sebanyak 1.171 buah. Ketiga Dalam berbisnis Meubel Surya
Mandiri melaksanakan strateginya sesuai dengan etika, berusaha untuk melayani
konsumen sebaik mungkin salah satunya dengan cara memberi tahu jika terdapat barang yang cacat serta
menetapkan harga tidak terlalu tinggi. Keempat
Dalam penelitian ini strategi yang diterapkan berbeda-beda dan dilakukan
secara sungguh-sungguh. Dari beberapa strategi yang diterapkan mengalami
perbedaan pendapatan di setiap tahunnya. Bahkan selisih pendapatan dari tahun
ke tahun cukup banyak. Akan tetapi dari
hal ini strategi yang diterapkan tidak ada yang bertentangan dengan ajaran
Islam.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar