Latar
belakang masalah dalam penelitian ini adalah: bahwa siswa merasa bosan terhadap
materi pelajaran, disebabkan guru sering menggunakan metode ceramah dan
pemberian tugas. Guru kurang menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi,
sehingga pemahaman siswa terhadap kosa kata Bahasa Arab relatif rendah.
Rumusan
masalah dalam penulisan penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah proses penerapan
metode make a match dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV di
MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar ? 2)Apakah penerapan metode make a
match dapat meningkatkan pemahaman kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV di MI
Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar ?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan
metode make a match dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV di
MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan
metode make a match dalam meningkatkan pemahaman kosa kata Bahasa Arab siswa
kelas IV di MI Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar .
Manfaat
penelitian ini adalah: 1) Bagi kepala sekolah, dapat dijadikan masukan untuk
kebijakan dalam upaya meningkatkan proses belajar mengajar dan meningkatkan
pemahaman siswa serta perlunya kerjasama yang baik antar guru antar guru dengan
kepala sekolah. 2) Bagi guru, sebagai bahan masukan guru dalam meningkatkan
proses pembelajaran didalam kelas. 3) Bagi siswa, sebagai bahan masukan bagi
siswa untuk meningkatkan pemahaman terhadap suatu materi pelajaran. 4) bagi
peneliti lain, hasil penelitian ini
dapat digunakan bahan acuan untuk mengadakan penelitian serupa yang lebih
lanjut dan lebih mendalam.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan
kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui
peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Dalam
penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik
pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran. Tes digunakan untuk
mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan metode make a
match. Wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran
dengan metode make a match. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data
dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan metode
make a match dapat meningkatkan pemahaman kosa kata Bahasa Arab siswa. Hal ini
ditunjukkan dengan hasil analisis hasil belajar
siswa mengalami peningkatan, pada tes awal (pretest) mencapai nilai
rata-rata 63 dengan persentase 40% , setelah melakukan tindakan meningkat
menjadi 63,33% dengan nilai rata-rata 75 pada siklus I, pada siklus II mencapai
86,66% dengan nilai rata-rata 82,66. Berdasarkan
hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode make a match
dapat meningkatkan pemahaman kosa kata Bahasa Arab siswa kelas IV Di MI
Miftahul Huda Tawangrejo Wonodadi Blitar.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar