PENERAPAN PEMASARAN DALAM MERINTIS USAHA BARU PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN ”AQUAKY” CV. JAYA HIKMAH TULUNGAGUNG DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (HES-13)


Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi karena di Desa besuki ada Pondok Pesantren yang memiliki usaha air minum dalam kemasan AQUAKY CV. Jaya Hikmah. Usaha yang dijalankannya masih baru belum ada satu tahun, yang berarti produk tersebut masih baru dikenal masarakat. Penerapan pemasaran  dalam merintis usaha baru untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat mempunyai strategi tertentu. Penerapan pemasaran sangat penting khususnya pada perusahaan yang masih mencari jati diri, sebab disamping sebagai alat untuk memahami dan menguasai pasar dalam proses pejualan produk. Pemasaran akan berhasil apabila memahami segmentasi pasar atau permintaan pasar. Perusahaan AQUAKY merupakan perusahaan air minum dalam kemasan yang ada di Desa/kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Dalam menetapkan harga eceran produk AQUAKY lebih mahal dari produk lain yang sudah terkenal. Hal ini menjadi keunikan tersendiri pada pemasaran yang diterapkan perusahaan AQUAKY tersebut. Dengan adanya kondisi seperti itu peneliti ingin mengetahui pemasaran yang diterapkan perusahaan AQUAKY apabila ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Segala bentuk pemasaran yang diterapkan perusahaan AQUAKY sudah sesuai dengan ekonomi Islam.

Atas dasar itu, penelitian ini difokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan air minum dalam kemasan AQUAKY CV. Jaya Hikmah Tulungagung dalam merintis usaha baru ? (2) Bagaimana penerapan pemasaran perusahaan air minum dalam kemasan AQUAKY CV. Jaya Hikmah Tulungagung dalam merintis usaha baru ditinjau dari ekonomi Islam ?
Penelitian yang peneliti lakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang telah terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat disampaikan disini bahwa: Pertama, pemasaran yang diterapkan AQUAKY adalah memaksimalkan distributor dan agen sebagai ujung tombak agar konsumen dengan mudah mendapatkannya produk tersebut, menggunakan civitas dan alumni pondok pesantren karena peran pondok pesantren sangat efektif dalam memasarkan produk, dan promosi yaitu mengenalkan produk kepada masyarakat agar masyarakat tertarik pada produk tersebut. Kedua, penerapan pemasaran perusahaan air minum dalam kemasan AQUAKY sesuai dengan  ekonomi Islam yaitu tidak memaksakan konsumen untuk tertarik pada produk AQUAKY tetapi memberi wawasan terhadap konsumen, tidak memanfaatkan kelemahan produk lain untuk menjelekkan agar produknya bisa diterima masyarakat.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan