Penelitian
dalam skripsi ini di latar belakangi karena di Desa besuki ada Pondok Pesantren
yang memiliki usaha air minum dalam kemasan AQUAKY CV. Jaya Hikmah. Usaha yang
dijalankannya masih baru belum ada satu tahun, yang berarti produk tersebut
masih baru dikenal masarakat. Penerapan pemasaran dalam merintis usaha baru untuk mengenalkan
produknya kepada masyarakat mempunyai strategi tertentu.
Penerapan pemasaran sangat penting
khususnya pada perusahaan yang masih mencari jati diri, sebab disamping sebagai alat untuk memahami dan menguasai pasar dalam proses pejualan produk. Pemasaran akan berhasil apabila memahami
segmentasi pasar atau permintaan pasar. Perusahaan
AQUAKY merupakan perusahaan air minum dalam kemasan yang ada di Desa/kecamatan
Besuki Kabupaten Tulungagung. Dalam menetapkan harga eceran produk AQUAKY lebih
mahal dari produk lain yang sudah terkenal. Hal ini menjadi keunikan tersendiri
pada pemasaran yang diterapkan perusahaan AQUAKY tersebut. Dengan adanya
kondisi seperti itu peneliti ingin mengetahui pemasaran yang diterapkan
perusahaan AQUAKY apabila ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Segala bentuk
pemasaran yang diterapkan perusahaan AQUAKY sudah sesuai dengan ekonomi Islam.
Atas dasar itu, penelitian
ini difokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana pemasaran yang diterapkan oleh
perusahaan air minum dalam kemasan AQUAKY CV. Jaya Hikmah Tulungagung dalam
merintis usaha baru ? (2) Bagaimana penerapan pemasaran perusahaan
air minum dalam kemasan AQUAKY CV. Jaya Hikmah Tulungagung dalam merintis usaha
baru ditinjau dari ekonomi Islam ?
Penelitian yang peneliti lakukan adalah termasuk dalam
penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan
gambaran data-data yang telah terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang
sebenarnya.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat
disampaikan disini bahwa: Pertama, pemasaran yang
diterapkan AQUAKY adalah memaksimalkan distributor dan agen sebagai ujung
tombak agar konsumen dengan mudah mendapatkannya produk tersebut, menggunakan civitas
dan alumni pondok pesantren karena peran pondok pesantren sangat efektif dalam
memasarkan produk, dan promosi yaitu mengenalkan produk kepada masyarakat agar
masyarakat tertarik pada produk tersebut. Kedua, penerapan pemasaran perusahaan air minum dalam
kemasan AQUAKY sesuai dengan ekonomi
Islam yaitu tidak memaksakan konsumen untuk tertarik pada produk AQUAKY tetapi
memberi wawasan terhadap konsumen, tidak memanfaatkan kelemahan produk lain
untuk menjelekkan agar produknya bisa diterima masyarakat.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar