Perkembangan komunikasi telah mempengaruhi
perkembangan ekonomi. Transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan
secara langsung maupun tidak langsung (telepon) menjadi sesuatu yang sangat
konservatif dengan adanya media komunikasi seperti media massa, yaitu media
elektronik dan media cetak.
Khusus untuk media elektronik, ditandai dengan
semakin berkembangnya dunia teknologi informasi. Saat ini dikenal adanya socialnetwork dimana chatting (obrolan) menjadi salah satu pilihan cara berkomunikasi.
Hal ini pula yang membuat komunikasi menjadi lebih bervariatif sehingga banyak
orang mencoba untuk memanfaatkannya.
Salah satu pemanfaatannya antara lain pada bidang
promosi penjualan (marketing promotion).
Banyaknya pilihan media promosi saat ini membuat persaingan usaha semakin
ketat. Hal ini dimanfaatkan oleh pengusaha baru (newcomer) untuk mempromosikan produk atau jualan mereka diantaranya
dengan memanfaatkan socialnetwork.
Blackberry (smartphone)
sebagai salah satu alat komunikasi yang mendukung sarana komunikasi dimana
salah satu fasilitas utama Blackberry yaitu Group Blackberry Messenger banyak
digunakan untuk melakukan kegiatan jual beli produk. Berbagai macam jualan
ataupun produk telah dipromosikan melalui salah satu fitur yang ada pada smartphone blackberry
trersebut. Mulai dari promosi barang elektronik, aksesoris olahraga, hingga
barang yang merupakan kebutuhan primer manusia yaitu makanan dan pakaian, serta
berbagai macam produk atau jualan lainnya.
Salah satu yang menjadi promosi utama melalui
group blackberry messenger adalah pakaian, khususnya pakaian wanita yang banyak
diminati oleh para pengguna smartphone
Blackberry. Pengguna blackberry wanita umumnya tertarik untuk membeli pakaian
wanita melalui group blackberry messenger karena adanya kemudahan dalam
bertransaksi, tanpa perlu ke mall atau butik. Pakaian merupakan kebutuhan
primer manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalu mengenakan pakaian
dalam setiap aktivitas. Pakaian berfungsi untuk menutupi aurat, memberi
kenyamanan, melindungi tubuh dari panas
atau dingin. Sebagai tambahannya, pakaian digunakan untuk mempercantik diri.
Berbeda dengan tas atau sepatu yang berfungsi sebagai kebutuhan pelengkap. Tas
atau sepatu ini disebut sebagai pelengkap karena manusia bisa saja beraktivitas
tanpa keduanya.
Seseorang dapat dikenal karena penampilan,
tingkah laku, suara, cara berpakaian, kesukaan dan lain sebagainya. Pemilihan
busana yang tepat disertai pelengkap busana yang sesuai mempunyai arti besar
dalam penampilan seseorang. Busana yang serasi dan menarik dapat menambah
simpati dan rasa kagum dari orang-orang di sekelilingnya. Berbusana tidak
sekadar mengenakan pakaian, pemilihan busana yang tepat sesuai untuk kesempatan
dan sesuai pula dengan kepribadian pemakainya, menjadikan penampilan seorang
wanita sangat mengesankan.
Antara promosi dan produk, tidak dapat
dipisahkan, dua hal ini yang saling berkaitan untuk menuju suksesnya pemasaran.
Di sini harus ada keseimbangan, produk baik, sesuai dengan selera konsumen,
dibarengi dengan teknik promosi yang tepat akan sangat membantu suksesnya usaha
marketing. Teknik promosi yang digunakan ketika melakukan kegiatan promosi
penjualan di group blackberry messenger, yaitu dengan sering update status yang
isinya menawarkan atau tentang promo yang sedang berjalan seperti diskon 10%,
harga lebih murah, dan promo lainnya; share
picture kedalam group blackberry messenger; membuat tampilan produk yang
menarik seperti menggunakan model yang cantik atau background foto yang
menarik; keterangan produk dibuat secara detail seperti bahan produk, warna,
panjang, ukuran pinggang, stok produk yang masih tersedia, dan masih banyak
lagi; menggunakan kalimat-kalimat yang menarik dan terkesan akrab serta
kekeluargaan seperti misalnya menggunakan kata “sis” (dimaksud sister), “say”
(dimaksud sayang), “bu.”
Jadi dapat disimpulkan bahwa, minat beli adalah
suatu hasrat atau keinginan pembeli yang muncul dalam pribadi seseorang untuk
membeli beberapa jumlah atau unit-unit produk atau merek tertentu, dalam
periode waktu tertentu pula, di mana rencana tersebut terbentuk melalui proses
keputusan atau pemilihan. Dari
keterangan di atas, peneliti tertarik dengan maraknya penjualan atau promosi
pakaian wanita di group blackberry messenger. Ketertarikan peneliti lebih ke
arah penelitian tentang pengaruh promosi penjualan dan minat beli konsumen.
Berdasarkan uraian di atas peneliti bermaksud
untuk meneliti minat beli mahasiswi dikalangan Ilmu Komunikasi Universitas
Hasanuddin melalui group Blackberry messenger, karena mayoritas mahasiswa pada
jurusan ilmu komunikasi Universitas Hasanuddin adalah wanita atau mahasiswi.
Beberapa dari mahasiswi ilmu komunikasi Universitas Hasanuddin merupakan
pelaku transaksi melalui group
blackberry messenger, baik sebagai pembeli ataupun sebagai penjual (seller). Peneliti tertarik untuk
mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Wanita
di Group Blackberry Messenger terhadap Minat Beli Mahasiswi Ilmu Komunikasi
Universitas Hasanuddin”.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar