PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Indonesia adalah negara tropis yang kaya dengan berbagai macam hasil bumi. Iklim di Indoesia memungkinkan tumbuhnya beraneka macam tanaman budidaya. Saat ini, Indonesia masih merupakan negara agraris yaitu sektor pertanian memegang peranan penting dari keseluruhan perekonomian nasional. Hal ini didukung oleh orientasi pembangunan pertanian yang berorientasi pada ketahanan pangan. Pembangunan pertanian juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi, memperluas lapangan kerja, meningkatkan devisa negara melalui ekspor produk pertanian.
Peningkatan produksi tanaman pangan, padi dan palawija tetap mendapat prioritas penanganan dalam pembangunan pertanian karena peran komoditi ini sebagai sumber utama karbohidrat bagi sebagian besar penduduk. Sejalan dengan upaya peningkatan produksi juga dikaitkan dengan peningkatan dan pendapatan petani kecil yang merupakan produsen utama tanaman pangan.
Peningkatan hasil atau produk pertanian akan bermanfaat bila disertai dengan sistem pemasaran yang menunjang. Dewasa ini, perhatian pemerintah tidak hanya berfokus pada peningkatan jumlah produksi gabah atau beras saja tapi juga pada harga jualnya, ini bisa dilihat adanya kebijaksanaan pemerintah yang menyangkut harga dasar dan harga atap gabah.
Padi yang diusahatanikan di daerah Bojonegoro adalah jenis padi yang ditanam pada musim hujan dimana mulai ditanam sekitar bulan Januari sampai April tergantung curah hujan. Ini dikarenakan kebanyakan lahan petani di daerah Bojonegoro merupakan lahan tadah hujan. Lahan rakyat yang diusahakan sebagai pertanian keluarga dan ditanami berbagai komoditan pertanian terutama padi/gabah sangat besar perananya bagi kehidupan di Desa Mojorejo Kecamatan Kedung Adem Kabupaten Bojonegoro.
Selama ini petani gabah hanya bisa melakukan peningkatan produksi oleh sebab itu sistem pemasaran yang dapat menampung produksi dengan tingkat harga yang layak mutlak diperlukan. Pemasaran boleh dikatakan merupakan ujung tombak dari suatu usaha produksi atau merupakan faktor yang memegang peranan penting dalam meningkatkan pendapatan petani. Usaha peningkatan produksi yang tidak disertai sestem pemasaran yang baik akan menyebabkan sulitnya laju produk saat panen dan hal ini akan menurunkan minat petani utuk berproduksi.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini