Penelitian
dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kompleksitas permasalahan pendidikan
matematika di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung, yaitu pada menurunnya prestasi belajar
matematika siswa, dan bagaimana meningkatkan prestasi belajar matematika siswa
Prestasi belajar matematika
yang dialami siswa kelas VIIIB
MTs Assafi’yah Gondang Tulungagung, selain dipengaruhi oleh faktor siswa juga
dari faktor guru. Maka peneliti menghubungkan antara pendekatan mengajar dengan
minat belajar matematika siswa kelas VIIIB MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung, fokus
penelitian ini adalah (1) Bagaimana aplikasi pendekatan problem solving
dalam meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa kelas VIIIB pada materi sistem
persamaan linear dua variabel di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun
Pelajaran 2011/2012 ? (2) Bagaimana hasil pendekatan problem solving
dalam meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa kelas VIIIB pada materi sistem
persamaan linear dua variabel di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun
Pelajaran 2011/2012.
Pola
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu dengan meneliti siswa kelas VIIIB MTs
Assafi’iyah Gondang Tulungagung. Metode pengumpulan data skripsi ini yaitu (1)
Tes (2) Tugas (3) Wawancara (4) Observasi (5) Catatan Lapangan. Model analisa
data yang digunakan yaitu model air (flow model)
yang meliputi (1) Reduksi data (2) Menyajikan data (3) Menarik kesimpulan.
Adapun tujuan
penelitian yaitu (1) untuk mengetahui aplikasi pendekatan problem solving
dalam meiningkatkan prestasi belajar matematika. Siswa kelas VIIIB pada materi
sistem persamaan linear dua variabel di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung.
(2) untuk mengetahui hasil pendekatan problem solving dalam meningkatkan
prestasi belajar
matematika siswa kelas VIIIB pada materi sistem persamaan
linear dua variabel di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung.
|
Berdasarkan
hasil penelitian ini disarankan pada guru agar melaksanakan pembelajaran materi
sistem persamaan linear dua variabel dengan
pendekatan problem solving sehingga lebih memperdalam pemahamannya
terhadap materi sistem persamaan linier dua variabel sebagai upaya meningkatkan
prestasi belajar matematika siswa.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar