Penelitian dalam skripsi ini dilatar
belakangi oleh prestasi belajar yang anjlok dan belum adanya perubahan yang mendukung dalam proses pembelajaran
di kelas sehingga diharapkan adanya peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran.
Salah satunya adalah perubahan strategi
pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa sehingga
tumbuh motivasi belajar siswa dan menyukai proses pembelajaran dengan
menggunakan metode hadiah dan hukuman.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi
ini, 1) Bagaimana perencanaan guru dalam menggunakan metode hadiah dan hukuman
untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN Kota Blitar? 2) Bagaimana hambatan dan peluang penggunaan metode
hadiah dan hukuman meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN Kota
Blitar? 3) Bagaimana hasil penggunakan metode
hadiah dan hukuman dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN
Kota Blitar?
Penelitian
ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan,
dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif,
berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan
pendekatan studi kasus. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan
dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data,
dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan
kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan
informan.
Hasil penelitian: 1) Perencanaan guru dalam penggunaan metode hadiah
dan hukuman untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN Kota
Blitar adalah: a) peserta
didik diberi hadiah dan hukuman sesuai
dengan perilaku yang dilakukan. b) Peserta didik
yang berprestasi diberikan hadiah bebas biaya pendidikan 1 semester. c) Peserta
didik yang melanggar peraturan madrasah yang tidak bisa ditoleransi oleh madrasah akan dikembalikan kepada orang tua. 2) Peluang dan hambatan guru dengan penggunaan metode
hadiah dan hukuman meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN Kota
Blitar. Peluang
dan hambatan guru dengan penggunaan metode hadiah dan hukuman untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN Kota Blitar memiliki
faktor-faktor pendukung dalam pemanfaatannya diantaranya yaitu: a) Membantu
pendidik untuk lebih menguasai kelas, b) Memberikan pengalaman lebih nyata, c) Menarik
perhatian dan minat siswa dalam belajar. Sedangkan hal-hal yang menghambat, di
antaranya: a) Kurangya kewibawaan guru. b) Faktor perbedaan siswa, c) Kurang
maksimalnya anak dalam menangkap materi. 3) Hasil penggunaan metode hadiah dan hukuman dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN Kota Blitar dapat dilihat
pada peningkatan motivasi belajar peserta didik dapat diketahui melalui: 1)
hasil prestasi belajar peserta didik meningkat, 2) semangat belajar berkembang
dan 3) siswa lebih mudah dikendalikan di dalam kelas.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar