Penggunaan Metode Hadiah dan Hukuman dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MAN Kota Blitar (PAI-39)


Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar yang anjlok dan belum adanya perubahan yang mendukung dalam proses pembelajaran di kelas sehingga diharapkan adanya peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran. Salah satunya adalah perubahan strategi  pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa sehingga tumbuh motivasi belajar siswa dan menyukai proses pembelajaran dengan menggunakan metode hadiah dan hukuman.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini,  1) Bagaimana perencanaan guru dalam menggunakan metode hadiah dan hukuman untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN Kota Blitar? 2) Bagaimana hambatan dan peluang penggunaan metode hadiah dan hukuman meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN Kota Blitar? 3) Bagaimana hasil penggunakan metode hadiah dan hukuman dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN Kota Blitar?
Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan.

Hasil penelitian: 1) Perencanaan guru dalam penggunaan metode hadiah dan hukuman untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN Kota Blitar adalah: a) peserta didik diberi  hadiah dan hukuman sesuai dengan perilaku yang dilakukan. b) Peserta didik yang berprestasi diberikan hadiah bebas biaya pendidikan 1 semester. c) Peserta didik yang melanggar peraturan madrasah yang tidak bisa ditoleransi oleh  madrasah akan dikembalikan kepada orang tua. 2) Peluang dan hambatan guru dengan penggunaan metode hadiah dan hukuman meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN Kota Blitar. Peluang dan hambatan guru dengan penggunaan metode hadiah dan hukuman untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN Kota Blitar memiliki faktor-faktor pendukung dalam pemanfaatannya diantaranya yaitu: a) Membantu pendidik untuk lebih menguasai kelas, b) Memberikan pengalaman lebih nyata, c) Menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar. Sedangkan hal-hal yang menghambat, di antaranya: a) Kurangya kewibawaan guru. b) Faktor perbedaan siswa, c) Kurang maksimalnya anak dalam menangkap materi. 3) Hasil penggunaan metode hadiah dan hukuman dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN Kota Blitar dapat dilihat pada peningkatan motivasi belajar peserta didik dapat diketahui melalui: 1) hasil prestasi belajar peserta didik meningkat, 2) semangat belajar berkembang dan 3) siswa lebih mudah dikendalikan di dalam kelas.

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan