Penelitian
dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh Dalam suatu lembaga pendidikan,
prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan
proses belajar mengajar. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tinggi
rendahnya prestasi siswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain disamping
proses pengajaran itu sendiri. Prestasi belajar tidak hanya dipengaruhi oleh
motivasi tetapi juga dipengaruhi oleh disiplin. Motivasi adalah daya upaya yang
mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu atau daya penggerak dari subyek
untuk melakukan suatu perbuatan dalam suatu tujuan.
Rumusan
masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana jenis motivasi guru
mata pelajaran Fiqih di MTs. Nurul Huda Pule Trenggalek? (2) Bagaimana prestasi
belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih di MTs. Nurul Huda Pule Trenggalek?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui secara jelas tentang jenis motivasi guru mata pelajaran fiqih
terhadap prestasi belajar siswa di MTs. Nurul Huda Pule Trenggalek.
Skripsi
ini bermanfaat bagi siswa penelitian ini dapat dijadikan sebagai tolok ukur
hasil prestasi dalam belajar sehingga siswa dapat melihat hasil yang telah
diraihnya dan untuk dapat lebih meningkatkan prestasi belajar yang lebih baik.
Bagi guru penelitian ini dapat dimanfaatkan
sebagai informasi agar lebih dapat meningkatkan pengawasan dan proses belajar
mengajar. Sedangkan bagi lembaga pendidikan penelitian ini diharapkan
memberikan kontribusi positif demi peningkatan kualitas lembaga pendidikan, dan
menumbuhkan budaya meneliti di lingkungan sekolah dan lembaga pendidikan demi
terciptanya lembaga pendidikan yang mengacu kepada pengembangan proses
pembelajaran dengan tingkat profesionalitas para guru yang berkecimpung di
dalamnya.
Dalam
penelitian ini digunakan metode observasi
(pengamatan), dokumentasi, dan wawancara mendalam (interview). Metode tersebut
digunakan untuk menggali informasi yang terdapat di lembaga tersebut.
Setelah
penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas maka
penulis simpulkan bahwa Jenis motivasi yang digunakan oleh guru mata pelajaran
fiqih di MTs. Nurul Huda Pule Trenggalek adalah jenis motivasi intrinsik dan
motivasi ekstrinsik. Akan tetapi guru mata pelajaran fiqih lebih menekankan
kepada jenis motivasi intrinsik, karena motivasi tersebut ternyata lebih bagus
diterapkan daripada jenis motivasi ekstrinsik. Walau demikian jenis motivasi
ekstrinsik juga digunakan walau hanya kadang-kadang. Pelaksanaan pemberian
jenis motivasi intrinsik maupun jenis motivasi ekstrinsik dilakukan sebelum
pelajaran dimulai, setelah pelajaran selesai, dan terkadang juga dilakukan di
tengah-tengah ketika pelajaran sedang berlangsung. Prestasi belajar siswa mata
pelajaran fiqih Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda setelah diterapkannya pemberian
jenis motivasi intrinsik ternyata memberikan dampak yang positif, artinya
dengan jenis motivasi intrinsik, prestasi siswa
Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda meningkat. Dan siswa juga sangat senang
setelah diterapkannya pemberian jenis motivasi intrinsik.
Klik Download Untuk mendapatkan File Lengkap
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar