Pembelajaran IPA di sekolah dasar dan
madrasah ibtidaiyah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik-siswi
untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitarnya. Untuk itu pembelajaran
IPA menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung. Salah satu
metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode discovery dimana guru
memberi kebebasan peserta didik agar mengalami proses penemuan pengetahuan
sendiri secara langsung.
Fokus penelitian ini adalah (1). Bagaimana proses pembelajaran IPA dengan penggunaan metode discovery pada materi energi panas
pada kelas IV A SDI Al-munawwar Tulungagung tahun ajaran 2010-2011 ? (2). Bagaimanakah hasil
pembelajaran IPA pada materienergi panas dengan penggunaan metode discovery pada peserta
didik kelas IV A SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun ajaran 2010-2011 ?
Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1). Untuk mengetahui
proses pembelajaran IPA dengan penggunaan metode discovery pada materienergi panas pada
kelas IV A SDI Al-munawwar Tulungagung tahun ajaran 2010-2011. (2). Untuk mengetahui hasil pembelajaran IPA pada materienergi
panas dengn penggunaan metode discovery
pada peserta didik kelas IV A SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun ajaran
2010-2011.
Skripsi ini bermanfaat
bagi penulis untuk menambah pengalaman serta wawasan dalam bidang penulisan
maupun penelitian. Bagi SDI Al-Munawwar Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran
dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran baik bagi guru maupun lembaga
pendidikan. Bagi peserta didik bermanfaat untuk dapat
meningkatkan hasil belajar dan bagi para
pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti.
Pendekatan
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Sumber data
dalam penelitian tindakan ini adalah peserta didik kelas IV A SDI Al-Munawwar
Tulungagung. Metode pengumpulan data : (1)
Tes, (2) Observasi, (3) Wawancara, (4) Catatan lapangan. Model analisis : Analisis data
yang digunakan adalah model alir (1)
Reduksi data, (2) Menyajikan
data, (3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran IPA dengan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik pada tes siklus I nilai rata-rata yang diperoleh peserta
didik adalah 75,2 dan kemudian pada siklus II nilai rata-rata yang
diperoleh 83,4. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran IPA dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik kelas IV A SDI Al-Munawwar Tulungagung pada tahun ajaran
2010-2011.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar