BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Proses belajar mengajar merupakan inti
dari kegiatan pendidikan di sekolah. Guru merupakan personel yang menduduki
posisi strategis dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, dituntut untuk
terus mengikuti perkembangan konsep-konsep baru dalam dunia pembelajaran. Menurut
Peters (dalam Sudjana, 2009: 15) mengemukakan bahwa ada tiga tugas dan tanggung
jawab guru, yakni guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, dan guru
sebagai administrator kelas.
Sebagian ahli mengatakan bahwa tugas
dan peranan guru antara lain menguasai dan mengembangkan materi pelajaran,
merencanakan dan mempersiapkan pelajaran sehari-hari, mengontrol dan
mengevaluasi kegiatan siswa. Tugas guru dalam proses belajar mengajar meliputi tugas
pedagogis dan tugas administrasi. Tugas padagogis adalah tugas membantu,
membimbing, dan memimpin. Dalam situasi pembelajaran, gurulah yang memimpin dan
bertanggung jawab penuh atas kepemimpinannya yang dilakukan itu. Ia tidak
melakukan instruksi-instruksi dan tidak berdiri di bawah instruksi manusia lain
kecuali dirinya sendiri, setelah masuk dalam situasi kelas.
Dari
hal itu, guru sebagai pendidik memiliki peran yang sangat besar, di samping sebagai
fasilitator dalam pembelajaran siswa, juga sebagai pembimbing dan mengarahkan
peserta didiknya sehingga menjadi manusia yang mempunyai pengetahuan luas baik
pengetahuan umum, kecerdasan, kecakapan hidup, keterampilan, budi pekerti
luhur, dan kepribadian baik dan bisa membangun dirinya untuk lebih baik dari
sebelumnya serta memiliki tanggung jawab besar dalam pembangunan bangsa.
Oleh karena itu, guru
harus mengetahui bagaimana situasi dan kondisi ajaran itu disampaikan kepada
peserta didik, saran apa saja yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan belajar,
bagaimana cara atau pendekatan yang digunakan dalam penbelajaran, bagaimana
mengorganisasikan dan mengelola isi pembelajaran, hasil yang diharapkan dari
kegiatan tersebut, dan seberapa jauh tingkat efektifitas, efisiennya serta
usaha-usaha apa yang dilakukan untuk menimbulkan daya tarik bagi peserta didik.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini