BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Globalisasi
perdagangan pada saat ini tumbuh dan berkembang sangat pesat. Demikian halnya
dengan dunia usaha termasuk berkembangnya pemasaran yang juga tumbuh dan
berkembang untuk mengadaptasi perubahan yang terjadi dalam perdagangan baik
skala global maupun lokal. Pemasaran di sini dipandang penting oleh perusahaan
sebagai salah satu usaha terintegrasi membuat produk untuk memenuhi kebutuhan
konsumen dimana pemasaran bertugas
memperkenalkan produk tersebut kepada konsumen, dan agar konsumen bisa memenuhi
kebutuhannya pada waktu dan tempat yang sesuai.
Stategi
pemasaran menjabarkan program pemasaran untuk mencapai sasaran perusahaan.
Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dan atas logika itu unit bisnis
diharapkan bisa mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran
terdiri atas pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran perusahaan, bauran
pemasaran, alokasi pemasaran, dan hubungannya dengan keadaan lingkungan yang
diharapkan dan kondisi persaingan yang dihadapi (Kotler: 2000 : 98).
Strategi
pemasaran juga menjadi salah satu faktor penentu perkembangan dan pertumbuhan
industri otomotif yang sangat pesat hususnya mobil. Hal ini ditandai dengan
terus bertambahnya kuantitas kendaraan yang dimiliki masyarakat dan terlihat
pada mobilitas kendaraan yang berada di jalan-jalan kota besar seperti Makassar. Industri otomotif dapat dilihat dari berbagai
dimensi yang cukup luas. Ruang lingkup bisnis otomotif bisa mencakup dimensi
investasi, manajemen, marketing, pembelanjaan dan transaksi lainnya yang
menjadi faktor utama dalam proses pertukaran uang dan barang. Khususnya
industri otomotif mobil sangatlah nampak
perkembangannya, mobil lahir dengan
berbagai merek, model, type, warna, spesifikasi lainnya. Semua ini sejalan
dengan terus meningkatnya mobilitas dan aktivitas penduduk diberbagai aspek.
Ini menunjukkan bahwa dalam industri otomotif mobil mengalami persaingan yang
sangat ketat. Masalah tersebut di satu sisi merupakan ancaman (threats),
tetapi disisi lain merupakan peluang (opportunity) bisnis baru.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini