BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam perkembangan kepariwisataan selain
pengembangan usaha objek dan daya tarik
wisata, perlu adanya keseimbangan
pengembangan usaha sarana akomodasi bagi para wisatawan yang berkunjung
ke Indonesia.
Salah satu akomadasi yang perlu dikembangkan adalah jasa pelayanan hotel. Hotel
sebagai akomodasi yang pada awalnya hanya terbatas didirikan disekitar jalan yang
masih primitif dengan pengelolaan yang seadanya, maka pengembangan selanjutya
ikut pula dibangun disekitar pelabuhan,
stasiun kereta, bandar udara, dan di daerah-daerah dengan sarana
pelayanan yang baik dan lengkap.Industri jasa perhotelan memiliki
karakteristik tersendiri, yang berbeda dengan sektor industri lainnya. Industri
jasa ini menghasilkan dan memasarkan produknya bersamaan dengan dimana produk
itu dihasilkan. Industri jasa ini pula
selain padat modal juga padat karya, sehingga memerlukan modal dan tenaga kerja
dengan jumlah yang besar pula.
Industri jasa perhotelan baik nasional maupun internasional
menimbulkan persaingan yang ketat diantara mereka. Keadaan ini mendorong
perusahaan untuk selalu jeli dan tanggap dalam mencermati berbagai perubahan
baik internal maupun eksternal akan mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan.
Pihak manajemen hotel harus terus menerus melakukan pemasaran dan promosi yg
aktif karena sektor industri jasa diharapkan dapat meningkatkan daya tahan
perekonomian nasional, memperluas lapangan kerja dan kesempatan usaha, serta
sekaligus mendorong berkembangnya kegiatan ekonomi dalam berbagai sektor
pembangunan lainnya.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini