Karakteristik matematika berkenaan dengan konsep-konsep abstrak. Suatu kebenaran
matematis dikembangkan berdasar alasan logis. Namun kerja matematis terdiri
dari observasi, menebak dan merasa, menguji hipotesa, mencari analogi, dan
sebagaimana yang telah dikemukakan diatas, akhirnya merumuskan teorema-teorema
yang dimulai dari asumsi-asumsi dan unsur-unsur yang tidak didefinisikan. Ini
benar-benar aktifitas mental. Dalam penelitian ini yang dibahas adalah mental aritmatika yang
dihubungkan dengan minat belajar matematika peserta didik.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1)Adakah pengaruh
mental aritmatika dan minat belajar matematika ? (2)Berapa besar pengaruh mental Aritmatika dan Minat belajar ?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Pengumpulan
data dilakukan dengan tes tertulis mental aritmatika dan angket minat belajar matematika
peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik yang sudah mencapai
mental dan memahami angket minat yang berjumlah 10 peserta didik.Setelah peneliti mengadakan penelitian dan menganalisis data
dengan Uji Regresi dan bantuan SPSS for windows versi 16.0. dihasilkan
(1) Ada pengaruh yang signifikan antara mental aritmatika peserta
didik terhadap minat belajar matematika peserta didik dengan nilai F empirik
yaitu 34.54 lebih besar dari nilai F teoritik pada taraf 5% sebesar 5,32 .(2) Besarnya
pengaruh mental aritmatika peserta
didik terhadap minat belajar matematika peserta didik ditunjukkan oleh besarnya
KD yaitu sebesar 81% sedangkan 19%nya adalah pengaruh lain. Hal ini
berdasarkan harga r yaitu 0,901 yang menunjukkan bahwa korelasi antara mental aritmatika dan minat belajar peserta didik sangat signifikan
karena r empirik jauh lebih besar dari pada r teoritik pada taraf signifikansi
5% ( 0,632).
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar