BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Dunia bisnis modern menuntut
peranan pemasaran yang dapat menunjang kemajuan usaha bisnis. Maju atau
mundurnya suatu bisnis akan sangat ditentukan oleh keberhasilan kegiatan
pemasaran bisnis tersebut, karena kegiatan pemasaran merupakan kegiatan bisnis
yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas (pelanggan). Pentingnya
peranan pemasaran yang dimaksud bukan berarti mengenyampingkan peranan bagian
lain dalam bisnis, karena seluruh kegiatan merupakan satu kesatuan yang utuh
dalam bisnis.
Kegiatan pemasaran selalu
ada dalam setiap usaha, baik usaha yang
berorientasi profit maupun usaha-usaha sosial. Hanya saja sebagian pelaku
pemasaran tidak atau belum mengerti ilmu pemasaran, tetapi sebenarnya mereka
telah melakukan usaha-usaha pemasaran. Hal ini terjadi karena pelaku pemasaran
belum pernah belajar atau bahkan belum pernah mendengarkan kata-kata pemasaran.
Dalam melakukan kegiatan
pemasaran suatu perusahaan memiliki beberapa tujuan yang hendak dicapai, baik
tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Dalam jangka pendek biasanya
untuk merebut hati konsumen terutama untuk produk yang baru diluncurkan. Sedangkan
dalam jangka panjang dilakukan untuk mempertahankan produk-produk yang sudah ada
agar tetap eksis.
Secara umum, memahami konsep
bauran pemasaran dalam, maka perlu diperkenalkan suatu pemahaman mengenai
konsep bauran pemasaran yang dipopulerkan oleh Jeremy McCarthy yang
memperkenalkan konsep bauran pemasaran produk yang dikenal dengan konsep 4P (product, price, promotion, place).
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini