BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Komitmen
pemerintah untuk meningkatkan investasi di Indonesia telah menyebabkan banyaknya
peluang industri yang sedang berkembang saat ini, dan adalah
suatu hal yang menarik untuk membahas semua peluang yang ada. Namun, di antara
semua peluang bisnis yang ada (khususnya di wilayah Sulawesi Selatan ini) yang
cukup kasat mata pertumbuhannya adalah sektor pembangunan. Dalam satu dekade
terakhir kita bisa melihat ada begitu banyak pembangunan perumahan, ruko,
gedung perkantoran, gedung bisnis, pembangunan ruas-ruas baru jalanan, dan
masih banyak lagi. Tentu ini menyimpan potensi bisnis yang sangat luar biasa
bagi setiap pelaku usaha di dalamnya.
Salah satu perusahaan yang berkecimpung di industri ini
adalah adalah PT. Semen Bosowa Maros. Selaku perusahaan penyedia bahan baku
bangunan yang berpusat di Sulawesi Selatan dan sudah sangat dikenal di wilayah
ini. PT. Semen Bosowa Maros saat ini bukanlah pemain baru di industri ini. PT.
Semen Bosowa Maros telah berhasil membangun sebuah brand image yang cukup kuat di dalam ruang pasar komoditas semen,
bukan hanya di Sulawesi Selatan tapi juga hingga ke luar pulau.
|
Namun, tidak bisa juga dipungkiri bahwa PT. Semen Bosowa Maros
tidak sendiri di dalam industri ini, ada beberapa pesaing yang bisa dikatakan
sangat kuat. PT.
Semen Bosowa Maros memegang 40% pangsa pasar untuk wilayah Indonesia Timur.
Namun secara nasional, PT. Semen Bosowa Maros baru menguasai 5% pangsa pasar
semen di Indonesia. Sehubungan dengan
adanya persaingan yang kuat dalam memanfaatkan setiap peluang usaha yang ada,
maka dianggap penting bagi perusahaan untuk menggunakan konsep pemasaran yang
tepat dan menetapkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini